Estimasi Nilai Ekonomi Objek Wisata Pantai Sebalang Di Kabupaten Lampung Selatan Dengan Pendekatan Travel Cost Method
Keywords:
Metode Biaya Perjalanan Individual, Permintaan Pariwisata Pantai Sebalang, Nilai Ekonomi.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) pengaruh biaya perjalanan, biaya perjalanan ke objek wisata lain (Pantai Pasir Putih), pendapatan, umur, dan pengalaman berkunjung sebelumnya terhadap permintaan objek wisata Pantai Sebalang. (2) mengestimasi nilai ekonomi objek wisata Pantai Sebalang menggunakan metode biaya perjalanan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden dari pengunjung Pantai Sebalang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan Ordinary Least Square (OLS) dengan jumlah permintaan ke objek wisata Pantai Sebalang sebagai variabel terikat, dan terdapat lima variabel bebas yaitu biaya perjalanan ke objek wisata Pantai Sebalang, biaya perjalanan ke objek wisata lain, pendapatan, umur, dan pengalaman berkunjung sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua variabel berpengaruh signifikan terhadap jumlah permintaan ke objek wisata Pantai Sebalang adapun variabel tersebut yaitu variabel umur dan pengalaman berkunjung sebelumnya. Nilai ekonomi objek wisata Pantai Sebalang adalah sebesar Rp. 85. 274. 919.670.
References
Fathurrahmi, F. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Wisatawan Terhadap Objek Wisata Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Skripsi Program Studi S1 Ekonomi Pembangunanfakultas Ekonomi Universitas Andalas, 1–87.
Lestari, R., & Dewanti, D. S. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kunjungan Wisata di Objek Wisata. Journal of Economics Research and Social Sciences, Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta., 3(2), 1–6. https://doi.org/10.18196/jerss.030214
Maharani, N. (2019). Valuasi Ekonomi Objek Wisata Surya Yudha Park Di Kabupaten Banjarnegara : Pendekatan Travel Cost Method. Skripsii Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2(1), 1–19.
Mufidah, D. (2019). Valuasi Ekonomi Dengan Pendekatan Biaya Perjalanan Individual Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Kunjungan Wisata Di Bukit Sikunir Dieng Kabupaten Wonosobo. Skripsi Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Novitasari, E. (2017). Analisis Permintaan Objek Wisata Goa Kreo Kota Semarang. Fakultas Eknomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Oktavia, E. (2021). Menikmati Panorama Pantai Sebalang Serasa di Bali. Https://Tribunlampungtravel.Tribunnews.Com/2021/01/15/Menikmati-Panorama-Pantai-Sebalang-Serasa-Di-Bali.
Simanjuntak, Y. M., & Masbar, R. (2020). Valuasi Ekonomi Objek Wisata Pemandian Air Panas Ie Seuum Aceh Besar Dengan Pendekatan Travel Cost. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsyiah, 5(2), 66–73.
Tazkia, F. O., & Hayati, B. (2012). Analisis Permintaan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Kalianget , Kabupaten Wonosobo Dengan. Diponegoro Journal of Economics, 1(1), 1–10. https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=pz5IVo7dB8SfugSkgJbwCg#%5Cnhttp://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jme
Zulpikar, F., Prasetiyo, D., Virgininda, T., Komara, K. K., & Pramudawardhani, M. (2017). Valuasi Ekonomi Objek Wisata Berbasis Jasa Lingkungan Menggunakan Metode Biaya Perjalanan di Pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran. Journal of Regional and Rural Development Planning, 1(1), 53. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2017.1.1.53-63