Pelatihan Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet Berbasis Android
Keywords:
Pembelajaran Daring, Google Meet, AndroidAbstract
Inisiatif ini merupakan pengabdian kepada masyarakat umum. Tujuan utama dari proyek pengabdian ini adalah untuk mengajarkan kepada para pendidik cara menggunakan softskill pengajarnya saat melaksanakan proyek pembelajaran. Pengabdian ini bertujuan untuk menambah keterampilan pendidik dalam proses pembelajaran online dan menjadi solusi dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Aplikasi pembelajaran online yang digunakan dalam pelajaran ini adalah Google Meet berbasis android. Pelatihan selama dua hari dilakukan. Metode pembelajaran menggunakan materi teori yang disampaikan pada hari pertama pembelajaran, dilanjutkan dengan praktik sehari penuh menggunakan aplikasi Google Meet berbasis android pada hari kedua pembelajaran. Tutorial cara menggunakan Google Meet berbasis android dilakukan menggunakan ponsel berbasis Android atau yang dimiliki pendidik. Peserta pelatihan ini adalah pendidik di MTs Proyek Kandepag.
References
Subejo, S., Chamidah, N., Nirmalasari, N., Suyoto, S., Hariadi, S. S., Muhamad, M., ... & Isamayana, I. (2021). Strategi
Komunikasi Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pengembangan Ketahanan Desa Wisata Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cirebon. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(1), 90-111.
Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Petik, 6(2), 86-95.
Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui guru kelas di SD Negeri 3
Rejosari kabupaten Oku Timur. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 229-243.
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran daring dalam menghadapi wabah pandemi covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989.
Novita, D., & Hutasuhut, A. R. (2020). Plus minus penggunaan aplikasi aplikasi pembelajaran daring selama pandemi covid 19. Unimed Medan, June, 1-11.
Wilandy, M. (2021). Analisis Komparasi Media Google Meet dan Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Doctoral dissertation).
Septina Alrianingrum, S. S., Artono, M., Aji, R. N. B., Hum, S., & Hermawan, E. S. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
DARING UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL MASA DARURAT COVID-19.
Arifin, M. N. (2022). Perbandingan pembelajaran daring dengan Google Meet dan Home Visit untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pelajaran IPS Kelas IV: studi multi situs di SD Yapita dan MI Al Fahmi Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Astuti, N., Nurhayati, N., Yuhafliza, Y., Nurmina, N., & Isnani, W. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Daring Di Era New Normal Pada Guru Sma Negeri 2 Dewantara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 445-457.
Solichin, A., Kristanto, D., & Triyono, G. (2021). Optimasi pembelajaran daring siswa dan guru di masa pandemi Covid-19 menggunakan Google Classroom pada PKBM Bhakti Asih. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 239-246.
Astuti, P., Febrian, F., Fera, M., Antika, R., AnisaFitry, Z., Setiawan, A., ... & Yodiatmana, Y. (2022). Peningkatan
Keterampilan Guru dalam Mengembangkan Mobile Learning untuk Pembelajaran Matematika Sekolah di Masa Pandemi. Jurnal Anugerah, 4(1), 11-21.