Pelatihan Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet Berbasis Android

Authors

  • Andrian Syahputra Universitas Potensi Utama
  • Rizki Maulida Universitas Potensi Utama

Keywords:

Pembelajaran Daring, Google Meet, Android

Abstract

Inisiatif ini merupakan pengabdian kepada masyarakat umum. Tujuan utama dari proyek pengabdian ini adalah untuk mengajarkan kepada para pendidik cara menggunakan softskill pengajarnya saat melaksanakan proyek pembelajaran. Pengabdian ini bertujuan untuk menambah keterampilan pendidik dalam proses pembelajaran online dan menjadi solusi dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Aplikasi pembelajaran online yang digunakan dalam pelajaran ini adalah Google Meet berbasis android. Pelatihan selama dua hari dilakukan. Metode pembelajaran menggunakan materi teori yang disampaikan pada hari pertama pembelajaran, dilanjutkan dengan praktik sehari penuh menggunakan aplikasi Google Meet berbasis android pada hari kedua pembelajaran. Tutorial cara menggunakan Google Meet berbasis android dilakukan menggunakan ponsel berbasis Android atau yang dimiliki pendidik. Peserta pelatihan ini adalah pendidik di MTs Proyek Kandepag.

References

Subejo, S., Chamidah, N., Nirmalasari, N., Suyoto, S., Hariadi, S. S., Muhamad, M., ... & Isamayana, I. (2021). Strategi

Komunikasi Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pengembangan Ketahanan Desa Wisata Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cirebon. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(1), 90-111.

Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Petik, 6(2), 86-95.

Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui guru kelas di SD Negeri 3

Rejosari kabupaten Oku Timur. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 229-243.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran daring dalam menghadapi wabah pandemi covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989.

Novita, D., & Hutasuhut, A. R. (2020). Plus minus penggunaan aplikasi aplikasi pembelajaran daring selama pandemi covid 19. Unimed Medan, June, 1-11.

Wilandy, M. (2021). Analisis Komparasi Media Google Meet dan Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Doctoral dissertation).

Septina Alrianingrum, S. S., Artono, M., Aji, R. N. B., Hum, S., & Hermawan, E. S. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN

DARING UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL MASA DARURAT COVID-19.

Arifin, M. N. (2022). Perbandingan pembelajaran daring dengan Google Meet dan Home Visit untuk meningkatkan hasil

belajar siswa pelajaran IPS Kelas IV: studi multi situs di SD Yapita dan MI Al Fahmi Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Astuti, N., Nurhayati, N., Yuhafliza, Y., Nurmina, N., & Isnani, W. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran

Berbasis Daring Di Era New Normal Pada Guru Sma Negeri 2 Dewantara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 445-457.

Solichin, A., Kristanto, D., & Triyono, G. (2021). Optimasi pembelajaran daring siswa dan guru di masa pandemi Covid-19 menggunakan Google Classroom pada PKBM Bhakti Asih. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 239-246.

Astuti, P., Febrian, F., Fera, M., Antika, R., AnisaFitry, Z., Setiawan, A., ... & Yodiatmana, Y. (2022). Peningkatan

Keterampilan Guru dalam Mengembangkan Mobile Learning untuk Pembelajaran Matematika Sekolah di Masa Pandemi. Jurnal Anugerah, 4(1), 11-21.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Syahputra, A., & Maulida, R. . (2022). Pelatihan Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet Berbasis Android. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(07), 934–938. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/824