Peningkatan Pemahaman Literasi Digital pada Masyarakat di Desa Nggolonio Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo
Keywords:
desa nggolonio, literasi digitalAbstract
Desa Nggolonio adalah sebuah desa yang terdapat di kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo Propinsi Nusa Tenggara Timur. Nggolonio memiliki potensi ssumber daya alam yang cukup memadai untuk peningkatan pendapatan masyarakatnya. Di des aini, Sudah banyak masyarakat yang menggunakan smartphone/ gatget untuk kepentingan telepon, sms dan WhatsApp. Dari hasil survey awal disimpulkan bahwa di des aini harusnya masyarakat sudah memahami literasi digital sebelum terlambat. Setelah survey diputuskan untuk Tim melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tentang peningkatan pemahaman litersi digital. Kegiatn ini dapat dilaksanakan juga atas bantuan Kerjasama Universitas Flores dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika.sebelum pelaksanaan ceramah/penyuluhan, tim menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan data awal tenetang tingkat pemahaman literasi digital dengan hasil 32%. Setelah mengikuti ceramah/ penyluhan, tim menyebarkan kembali kuesioner dan hasil yang diperoleh, meningkatanya pemahaman akan literasi digital sebesar 87%. Setelah selesai kegiatan, ada pertanyaan kuesioner yang sudah dijawab juga oleh peserta yang menginginkan adanya pendampingan lanjutan untuk pemberdayaan desa dalam mengelolah pemasaran hasil-hasil unggulan desa Nggolonio secara digital
References
Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119–131.
Candrasari, Y. C., Dyva Claretta, & Sumardjiajti. (2020). Pengembangan Dan Pendampingan Literasi Digital UntukPeningkatan Kualitas Remaja Dalam Menggunakan Internet. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 611–618. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4003
Industri, R., Tantangan, D. A. N., & Sosial, P. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 22–27. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417
Nengah Kelirik. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal IKA, 16(1), 1–11.
Pujihastuti, I. (2010). Prinsip penulisan kuesioner penelitian. Jurnal Agribisns Dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43–56.
Vanessa Stefanny, B. T. (2021). Overview Perbandingan Jumlah User Fintech (Peer-To-Peer Lending) Dengan Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Insan Pembangunan Sistem Informasi Dan Komunikasi (IPSIKOM), 9(1), 134–141.