Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Usaha Kripik Singkong Bu Saroh Di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Keywords:
Digital MarketingAbstract
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dimana pemasaran sudah dilakukan secara online. Namun, masih banyak para pelaku usaha yang belum memahami penggunaan dan memanfaatkan media sosial sebagai sarana digital marketing. Para pelaku usaha masih banyak yang menawarkan secara langsung, pemasaran dilakukan dengan berkeliling pasar atau rumah kerumah sehingga konsumen yang membelinya pun terbatas. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan digital marketing para pelaku usaha sudah mulai memahami bagaimana mengaplikasikan media sosial sebagai media promosi digital marketing. Dengan mulai menggunakan media sosial para pelaku di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur terkhusus usaha kripik singkong Bu Saroh penjualannya bukan hanya didaerah Martapura saja tetapi sudah mulai ke luar daerah Kabupaten seperti Baturaja, Batumarta, dan Belitang. Dengan menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing usaha Bu Saroh sudah mulai maju pesat dilihat dengan semakin bertambahnya jumlah kapasitas produksi setiap minggunya, sehingga volume penjualan meningkan tentunya tingkat pendapatan juga meningkat.
References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2017). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Diambil kembali dari Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017.
E-Marketing Institute. (2018). E-Commerce Fundamentals. Copenhagen:
eMarketing Institute.
Gityandraputra, D. (2018, Desember 05). Inspirasi dalam Membuat Konten
Instagram Story yang Mengundang Engagement. Diambil kembali dari
Academy: https://academy.getcraft.com/id/inspirasi-membuat-konten- instagram-story.
PT Global Selular Media. (2017, January 12). Geser Facebook, Instagram Jadi
Sosmed Paling Favorit di Indonesia. Diambil kembali dari seluler.id:
https://selular.id/2017/01/geser-facebook-instagram-jadi-sosmed-paling-favorit-di-indonesia/.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi
Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari,
Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1-17.
Whalley, A. (2010). Strategic Marketing. London: Bookboon.