Penyuluhan Pembuatan Paping Blok Dengan Menggunakan Mesin Press, Di Desa Krawang Sari Natar Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung

Authors

  • Rajiman Universitas Bandar Lampung
  • Zesty Miranda Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Alif Nurkholis Paran Dorizky Universitas Bandar Lampung
  • M. Akbar Ferdana Universitas Bandar Lampung
  • M. Akbar Nugraha Universitas Bandar Lampung
  • Pandu Andaffa Universitas Bandar Lampung

Keywords:

Paping Blok, Mesin Press, , Limbah Rumah Tangga

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah memberikan penyuluhan Pembuatan Paping Blok Dengan Menggunakan Mesin Press kepada masyarakat desa Di Desa Krawang Sari Natar Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Kegiatan ini berlokasi di Desa Krawang Sari Natar, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Kegaiatn pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2021 jam 09.00 WIB – Selesai. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah metode Pendidikan masyarakat melalui empat langkah yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Dari kegiatan ini kami dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya pemandaatan Kembali terhadap limbah akan berdampak baik untuk lingkungan sekitar. Selain dapat memberikan dampak baik terhadap lingkungan ini juga dapat menumbuhkan perekonomian desa agar bisa memerangi kemiskinan. Kita dapat mengembangkan karakter berwirausaha dengan meningkatkan kreativitas terhadap pengolahan limbah yang kita lakukan.

References

F. Adibroto, “Pengaruh Penambahan Berbagai Jenis Serat Pada Kuat Tekan Paving Block,” J. Rekayasa Sipil, vol. 10, no. 1, p. 1, 2014, doi: 10.25077/jrs.10.1.1-11.2014.

M. Prestika and I. Adha, “Pengaruh Waktu Perendaman Terhadap Uji Kuat Tekan Paving Block Menggunakan Campuran Tanah dan Semen dengan Alat Pemadat Modifikasi,” JRSDD, vol. 4, no. 2, pp. 175–184, 2016.

Erlina, Suryanto, and Margareta, “Analisis Kualitas Paving Hasil Home Industry Di Berbagai Daerah (Studi kasus: Sleman, Bantul, dan Kota Yogyakarta),” Civetech, vol. 3, no. 2, pp. 1–10, 2021.

A. Umurrudin, U. Khatulistiani, and Soerjandani, “Pasir Kuarsa Tuban Sebagai Bahan Substitusi Semen dan Batu Pecah Substitusi Pasir Untuk Campuran Paving,” axial, J. Rekayasa dan Manaj. Konstr. , vol. 6, no. 1, pp. 47–52, 2018.

I. A. Prakoso, Kusnadi, and B. Nugraha, “PENENTUAN KOMPOSISI LAPISAN PAVING BLOCK UNTUK MENDAPATKAN KUAT TEKAN YANG OPTIMAL,” Sci. J. Widya Tek., vol. 17, no. 2, pp. 63–71, 2018.

Downloads

Published

2022-08-08

How to Cite

Rajiman, Miranda, Z. ., Paran Dorizky, A. N., Ferdana, M. A. ., Nugraha, M. A., & Andaffa, P. (2022). Penyuluhan Pembuatan Paping Blok Dengan Menggunakan Mesin Press, Di Desa Krawang Sari Natar Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(07), 789–792. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/734

Most read articles by the same author(s)