Pembuatan Desain Logo Dan Kemasan Susu Kedelai Serta Pemasaran Produk Berbasis Sosial Media

Authors

  • Ihsan Lubis Universitas Harapan Medan
  • Husni Lubis Universitas Harapan Medan
  • Muhammmad Fahri Effendy Universitas Harapan Medan
  • Devianita Zulkirahmadhani Universitas Harapan Medan
  • Mutia Iswandari Putri Universitas Harapan Medan
  • Rehulina Aslamiyah Universitas Harapan Medan

Keywords:

Susu kedelai, logo, kemasan, media sosial

Abstract

Pengabdian masyarakat bertujuan untuk membantu masyarakat untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat. Usaha susu kedelai sehat jaya merupakan UMKM yang bergerak dibidang pengolahan kedelai menjadi minuman Kesehatan. Saat usaha susu kedelai ini masih dikelola sederhana. Ini dibuktikan dengan pengemasan sangat sederhana menggunakan plastik biasa dan pemsaran hanya sebatas wilayah sekitar saja. Atas dasar itu tim pengabdi mencoba membantu untuk meningkatkan pemasaran usaha tersebut. Untuk mnegetahui kebutuhan terlebih dahulu tim melakukan survey kebutuhan yang dibutuhkan. Setelah melakukan survey tim mengambil kesimpulan perlu membuat logo yang untuk sebagai ciri khas dari usaha tersebut selain itu perlu mebuat kemasan yang lebih menarik. Untuk membantu meningkatkan pemsaran produk usaha tersebut perlu perluasan pengenalan produk tersebut melalui sosial media. Untuk itu perlu dibuat sosial media Instagram dan juga memberikan pelatihan penggunaan Instagram tersebut. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemasaran produk menjadi lebih baik.

References

M. Fauzi, “Re-Design Logo Usaha Kecil Menengah Pada Toko Gibran Collection Di Pulang Untung Jawa,” J. Abdimas, vol. 5, no. 1, pp. 93–97, 2018.

S. D. Setiawati, M. Retnasari, and Diny Fitriawati, “Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah,” J. ABDIMAS BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 125–136, 2019.

A. F. Muntazori and A. Listya, “Branding UMKM Produk Kopi Bang Sahal melalui Desain Logo,” SENADA Semangat Nas. …, vol. 1, no. 3, pp. 342–351, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.dosenperiset.org/index.php/senada/article/view/66.

M. Muttaqien and L. K. Wardana, “Pembuatan Desain Kemasan Ramah Lingkungan Serta Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Perluasan Pasar Kripik Singkong Semuluh Kidul,” Semin. Nas. ABDIMAS II 2019, pp. 1946–1953, 2019.

P. D. Wulaningrum and H. R. Fajrin, “Pengembangan Branding dan Pangsa Pasar pada Industri Kreatif ‘Batik Tugiran’ Pandak,” ABDIMAS Univers., vol. 4, no. 1, pp. 9–14, 2022, doi: https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v4i1.131.

H. D. Fadly and S. Sutama, “Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19,” J. Ecoment Glob. Kaji. Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 2, pp. 213–222, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Lubis, I., Lubis, H., Fahri Effendy, M., Zulkirahmadhani, D. ., Iswandari Putri, M. ., & Aslamiyah, R. . (2022). Pembuatan Desain Logo Dan Kemasan Susu Kedelai Serta Pemasaran Produk Berbasis Sosial Media . AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(07), 793–797. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/723