PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG GIZI SEIMBANG PADA BAYI DAN BALITA DI DESA SIBALAYA BARAT KECAMATAN TANAMBULAVA KABUPATEN SIGI

Authors

  • Niluh desy purnamasari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya
  • Mutmainnah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya
  • Parmi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya
  • Ni kadek Armini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya

Keywords:

gizi seimbang, bayi, balita

Abstract

Menurut World Health Organization (WHO) diperkirakan 165 juta anak usia dibawah lima tahun mengalami gizi buruk dan memiliki resiko meninggal dari anak gizi buruk 13 kali lebih besar dibandingkan dengan anak yang normal. sedangkan di indonesia jumlah balita yang mengalami kekurangan gizi sebesar 3,7 juta. Kurang gizi telah membuat ribuan anak di Negara berkembang meninggal dan menderita setiap tahun. Kurang gizi tidak hanya menyebabkan masalah dalam usia muda,tetapi dapat berlanjut hingga masa dewasa. Kurang gizi pada usia muda menyebabkan gagalnya pertumbuhan dengan karakteristik pendek dan atau kurus. Bila kondisi ini tidak diintervensi,maka diusia dewasa kondisi gizi kurang yang bersifat kronis dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit degeneratif. Gizi sangat berpengaruh terhadap kecerdasan dan produktivitas kerja. Gizi buruk pada balita dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kecerdasan. Pertumbuhan dan perkembangan otak hampir 80% terjadi dalam kandungan sampai usia 2 tahun, sehingga masalah gizi sangat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan. Makanan dengan gizi seimbang akan lebih menyehatkan tubuh, karena zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi. zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur yang  terdapat pada makanan yang bergizi  nantinya akan mensuplai ke tubuh manusia. Dengan terpenuhinya asupan makanan yang cukup secara kuantitas ataupun kualitas yang mengandung berbagai zat gizi serta dapat menyimpan zat gizi untuk mencukupi kebutuhan tubuh, maka akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan produktivitas. Adanya penyuluhan kesehatan tentang gizi seimbang kepada ibu balita akan  sangat besar pengaruhnya karena bukan hanya faktor ekonomi yang dapat mempengaruhi gizi seorang anak tetapi pengetahuan juga dapat mempengaruhi sebab seorang ibu tentunya akan lebih memperhatikan asupan gizi untuk anak-anaknya.

References

[Kemenkes RI] Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2015) ‘Infodation- Situasi dan Analisis Gizi’, Kemenkes RI, Pusat data dan informasi, pp. 1-7

Andriana, D. (2011) Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Andriani, M. Dan Wirjatmadi, B. (2012) Perananan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Edited by P. Group. Jakarta.

Anindita, P. (2012) ‘Hubungan Tingkat Pendidian Ibu, Pendapatan Keluarga, Kecukupan Protein & Zinc dengan Stunting (Pendek) pada Blita Usia 6-35 Bulan di Kecamatan Tembalang Kota Semarang’, Jurnal Kesehatan Masyaakat, 1(2), pp. 617–626.

Aridiyah, F. O., Rohmawati, N. dan Ririanty, M. (2015) ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Balita di Wilayah Pedesaan dan Perkotaan (The Factors Affecting Stunting on Toddlers in Rural and Urban Areas)’, e-Jurnal Pustaka Kesehatan, 3(1), pp. 163–170.

Arisman (2009) Gizi dalam Daur Kehidupan: Buku Ajar Ilmu Gizi.Ed. 2. Jakarta:EGC.

Asrar, M., Hamam, H. dan Dradjat, B. (2009) ‘Pola Asuh, Pola Makan, Asupan Zat Gizi dan Hubungannya dengan Status Gizi Anak Balita Masyarakat Suku Nuaulu Kecamatan Amhai Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku’, Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 6(2). Available at:

Booth, D. A. and Booth, P. (2011) ‘Targeting cultural changes supportive of the healthiest lifestyle patterns.A biosocial evidence-base for prevention of obesity’, Appetite. Elsevier Ltd, 56(1), pp. 210–221. doi: 10.1016/j.appet.2010.12.003.

Camci, N., Bas, M. and Buyukkaragoz, A. H. (2014) ‘The psychometric properties of the Child Feeding Questionnaire (CFQ) in Turkey’, Appetite. Elsevier Ltd, 78, pp. 49–54. doi: 10.1016/j.appet.2014.03.009.

Damayanti, R. A., Muniroh, L. dan Farapti (2016) ‘Perbedaan Tingkat Kecukupan Zat Gizi dan Riwayat Pemberian Asi Eksklusif Pada Balita Stunting Dan Nonstunting ‘, Media Gizi Indonesia,II(1), pp. 61.69.

Susi. 2020. Laporan penelitian upaya meningkatkan status gizi balita di kota padang pada tahun 2021 http://repo.unand.ac.id/39692/1/lap%20penelitian%20gizi.pdf

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Niluh desy purnamasari, Mutmainnah, Parmi, & Ni kadek Armini. (2022). PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG GIZI SEIMBANG PADA BAYI DAN BALITA DI DESA SIBALAYA BARAT KECAMATAN TANAMBULAVA KABUPATEN SIGI. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 43–47. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/55

Most read articles by the same author(s)