Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM Di Kampung Melayu Semarang
Keywords:
Pemasaran, Promosi, KUBAbstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat yang akan kami laksanakan pada UMKM di Kelurahan Dadapsari Kecamatan Semarang Utara dengan khalayak sasaran pelaku usaha yang ada di Kelurahan Dadapsari. Adapun permasalahan utama adalah selama ini belum terbentuknya KUB dan belum mengetahui tentang pentingnya strategi pemasaran. Dalam pelaksanaan pengabdian ini Metode yang digunakan ini adalah pendampingan pembuatan KUB dan penyuluhan tentang strategi pemasaran dan Promosi sehingga produk yang dihasilkan oleh UMKM Kelurahan Dadapsari Kecamatan Semarang dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah terbentuknya KUB dan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan tentang pemasaran dan promosi.
References
Agustina, Tri Siwi. 2015. Kewirausahaan: Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UMKM di di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Bachtiar Rifai, 2012, Efiektivitas pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jurnal Sosio Humaniora Vol. 3 No. 4, September 2012 Dinas Koperasi Kota Semarang, 2021.
Gitosudarmo, Indrianyo, 2000 – Manajemen Pemasaran, Yogyakarta : BPFE Siagian.
Kotler Philip, 2013. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian), Terjemahan Drs. Jaka Wasana MSM, Institut dan Pembinaan Manajemen, Jilid I, Edisi Delapan, Erlangga, Jakarta.
Profil Kampung Melayu Kota Semarang RMOL Jateng, 2023, Dinas Koperasi Kota Semarang: Pertumbuhan UKM di Kota Semarang Tertinggi di Indonesia, https://www.rmoljawatengah.id/dinas-koperasi-kota-semarang- pertumbuhan-ukm-di-kota-semarang-tertinggi-di-indonesia.