Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada SMK Bintang Nusantara

Authors

  • Sutrisno Universitas Pamulang
  • Okta Irawati Universitas Pamulang
  • Iis Istiqomah Universitas Pamulang

Keywords:

Digital Marketing, Dunia Kerja, SMK Bintang Nusantara

Abstract

SMK Bintang Nusantara adalah salah satu sekolah yang berkedudukan di Pondok Aren dimana jumlah kelasnya mencapai 12 kelas, yang menyelenggarakan pendidikan Kompetensi Keahlian: AKL, OTKP, MULTIMEDIA dan Multimedia yang akan menghasilkan lulusan siap untuk memasuki dunia kerja, berwirausaha ataupun melanjutkan pendidikan. Untuk mencapai hal itu maka proses pendidikan dan pembelajaran harus mengacu dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah. Keselarasan kurikulum pendidikan SMK dengan dunia kerja sudah dirancang sejak awal, salah satunya melalui program “link and match” sehingga kurikulum antara SMK dengan dunia industri sudah sesuai. Mata pelajaran yang membahas Digital Marketing sudah diajarkan di kelas X dengan materi aplikasi dan fungsi fungsi dasar. Untuk fungsi-fungsi yang mengarah ke digital marketing real life atau dikehidupan nyata dalam dunia industri masih belum diajarkan di sekolah. Mempelajari fungsi-fungsi yang berkaitan dengan real life atau dikehidupan nyata dalam dunia industri sangat diperlukan oleh lulusan yang ingin mengembangkan karir di dunia telemarketing maupun bagi mereka yang membuka usaha digital desain. Tujuan pelaksaan PKM ini adalah menyelenggarakan Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada SMK Bintang Nusantara. Dari hasil pelatihan dapat diketahui bahwa 75 persen peserta sudah mengetahui Cara penggunaan dan setting handphone untuk digital marketing. Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti semua rangkaian acara. Hal ini terlihat dari kesungguhan mereka dalam mempraktekkan modul yang dipandu oleh pemateri.

References

L. Moriansyah, “Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences,” J.Penelit. Komun. dan Opini Publik, vol. 19, no. 3, p. 124068, 2015

D. Untari and D. E. Fajariana, “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik),” Widya Cipta - J. Sekr. dan Manaj., vol.2, no. 2, pp. 271–278, 2018

Kotler, Philip & Armstrong.Gary, (2012). Principles of Marketing 14th Edition. New Jersey:Pearson Peartice hall

L. Puntoadi, Danis (2011) Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Putri, A. Eryta. (2013). Aplikasi Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop.Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Pareraway, A. S., Kojo, C., & Roring, F. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja, Pelatihan, dan Pemberdayaan SDM Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo. Jurnal EMBA, 1828.

UPI, T. P. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. PT. IMTIMA.

Sirait, J. T. (n.d.). Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Grasindo.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum Dan Pembalajaran. Bandung: Bumi Aksara

Herry, (2007). Belajar Dan Pembelajaran, UPI Press. Bandung. IKIP Mataram, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram: Mataram.

Putri, A. Eryta. (2013). Aplikasi Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online

Shop.Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Indika, D., dkk. (2017).Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan. Vol 01, Nomor 01, Juni 2017.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta

Diana, Anastasa. (2001). Mengenal E-Business, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Andi, Yogyakarta.

A.M, Morissan. 2010. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta : Penerbit Kencana.

Published

2023-07-17

How to Cite

Sutrisno, Irawati, O., & Istiqomah, I. (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada SMK Bintang Nusantara. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6 : Juli), 609–616. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/3369