Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Masa Pandemi

Authors

  • Nurul Hikmah Universitas Indraprasta PGRI
  • Mailizar Universitas Indraprasta PGRI
  • Retno Nengsih Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Pengabdian masyarakat dilaksanakan di SMK Mandala Tiara Bangsa, Jakarta. Target peserta dalam kegiatan ini yaitu seluruh guru yang berjumlah 20 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai penggunaan media pembelajaran di masa pandemi dan juga memotivasi semangat belajar bagi guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada masa new normal. Beberapa permasalahan yang ditemukan di lapangan diantaranya, (1) Beberapa guru belum mengetahui manfaat kegunaan Google meet dan Google Classroom, serta aplikasi Zoom, (2) Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh yang dilakukan belum maksimal, (3) Guru belum pahamnya mengenai fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi Google Meet dan Classroom, serta aplikasi Zoom. Solusi yang ditawarkan berupa penyuluhan dan pendampingan penggunaan media pembelajaran alternative. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap observasi, persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan keberhasilan kegiatan ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan dan berhasil memahami fitur dan kegunaan dalam penggunaan aplikasi e-learning untuk melakukan pembelajaran jarak jauh.Serta dengan kegiatan ini peserta dapat berbagi pengalaman dengan peserta lain mengenai pembelajaran jarak jauh yang diterapkan dan dapat menemukan solusi atas masalah yang dihadapi selama ini..

References

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, F., Sutaryono, S., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan media edukasi “Multimedia Indonesian

Culture”(MIC) sebagai penguatan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127-136.

Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Arsyad, Azhar. 1996. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak

Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49.

Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV. Wacana Prima.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Nurul Hikmah, Mailizar, & Retno Nengsih. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Masa Pandemi . AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(12), 1682–1685. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/1972

Most read articles by the same author(s)