Pemanfaatan Google Classroom sebagai Teknonokgi Informasi dan Komunikasi TIK untuk mendukung Pengajaran
Keywords:
Google Classroom; pembelajaran; pelatihanAbstract
Pada massa ini pasca covid-19 kekuatan informasi dalam bidang teknologi berkembang sangat pesat, dimana semua kegiatan mengharuskan kita untuk mengakses internet. Para pelajar diharuskan untuk update informasi. Siriring berjalan, kegiatan belajar mengajarpun mengharuskan para guru untuk maju dalam bidang teknologi, misalkan dengan mengadakan pembelajaran jarak jauh. Permasalahan yang ada di Sekolah Dasar Pamulang Indah adalah belum adanya media baku yang dijadikan sarana belajar mengajar jarak jauh, yang memungkinkan para guru bias memberikan ilmu atau materi dimanapun dan kapanpu. Whatsupp adalah solusi sementara mereka, dan terkendala pada saat pemberia tugas dalam pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang menyangkut software dan hardware yang dapat digunakan untuk menyampaikan isi materi ajar dari sumber belajar ke perorangan maupun kelompok .Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai aplikasi yang bias digunakan dlam pembelajaran jarak jauh yaitu dengan memperkenalkan aplikasi Google Classroom sebagai sarana belajar mengajar yang bias diakses dkapanpun dan dimanapun. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah memberikan pelatihan kepada para Guru pada SD Pamulang Indah tentang pengolahan sumber pembelajaran pada Google Classroom secara benar dan tepat sesuai dengan kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Google Classroom yang digunakan tersebut diharapkan berdampak baik pada proses pembelajaran dan para siswa dapat berperan aktif dan dapat menumbuhkan minat belajarnya serta mendapatkan hasil belajar yang baik.
References
admin. (2020, Maret 15). Pembelajaran Jarak Jauh. Retrieved from pjj.ui.ac.id: https://pjj.ui.ac.id/ufaqs/apa-itu-pendidikan-jarak-jauh/
Kurniawan, B., Purnomo2, A., & Idris. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS. International Journal of Community Service Learning, 1-9.
Lestari, F. d. (2020, 6 15). Pembelajaran Daring dan Luring : Pengertian, Ciri-ciri, Serta Perbedaannya. Retrieved from https://www.amongguru.com/pembelajaran-daring-dan-luring-pengertian-ciri-ciri-serta-perbedaannya/.
Permata, A. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah).
Riadi, M. (2021, 10 23). Google Classroom - Pengertian, Fungsi, Karakteristik, dan Cara Penggunaan. Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/: https://www.kajianpustaka.com/2021/10/google-classroom.html
Wulandari, T. (2021, 11 10). Pembukaan UUD 1945 Alinea 1-4 dan Maknanya. Retrieved from https://www.detik.com/: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5804914/pembukaan-uud-1945-alinea-1-4-dan-maknanya
Zakky. (2020, 2 23). Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Retrieved from https://www.zonareferensi.com/: https://www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/