Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Terakreditasi bagi Mahasiswa Magister Hubungan Internasional Universitas Indonesia
Keywords:
Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia, Publikasi, Jurnal Ilmiah Nasional TerakreditasiAbstract
Menulis ilmiah membutuhkan proses panjang dari mulai memilih masalah, merumuskan masalah, hingga mempublikasikannya di jurnal ilmiah nasional terakreditasi. Begitu pun dengan mahasiswa di Prodi Magister Hubungan Internasional (HI) Universitas Indonesia yang saat ini sedang berada pada proses penyelesaian makalah tugas akhir dan tesis. Maka dari itu, pelaksana pengabdian kepada masyarakat (PKM) berinisiasi untuk membuat pelatihan penulisan artikel ilmiah dengan tujuan membantu mahasiswa Prodi Magister HI UI dalam meminimalisir berbagai masalah kepenulisan artikel dan membantu mahasiswa dalam memahami gaya selingkung jurnal dan proses review artikel di jurnal nasional terakreditasi. Dari kuesioner yang dibagikan sebelum pelatihan, sekitar 66% mahasiswa mengalami kesulitan dalam menulis karena setiap jurnal memiliki gaya selingkung yang berbeda dan sekitar 27% merasa kesulitan karena belum terbiasa menulis. Kemudian pasca pelatihan, sebanyak 80% mahasiswa berpendapat bahwa pelatihan ini sudah membantu mereka dalam menganalisis riset, menjawab rumusan masalah, menggunakan teori dan konsep, dan sudah sangat terstruktur hingga bermuara pada publikasi artikel di jurnal. Selanjutnya sejumlah 82% mahasiswa merasa sangat terbantu untuk menulis artikel ilmiah dengan metode discovery learning dan brainstorming. Hasilnya, pelatihan ini semakin memotivasi mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah dan segera menyelesaikan tulisan mereka. Beberapa dari mereka sudah berhasil menerbitkan berbagai artikel mereka di jurnal-jurnal nasional terindeks SINTA 2, 3, dan 5. Tentu pelatihan ini bukan satu-satunya determinan keberhasilan tersebut. Konsistensi, disiplin, kerja keras, ketekunan yang tinggi, dan didukung dengan pelatihan dari pelaksana PKM menjadi kolaborasi aktivitas yang bermanfaat untuk mencapai keberhasilan mempublikasikan artikel di jurnal ilmiah nasional terakreditasi.
References
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika aditama.
Ekmekci, Emrah. (2018). Transformation of Traditional Writing Classes into Digital Ones. International Journal of Languages’ Education and Teaching, 6(4), 122-130 https://doi.org/10.18298/ijlet.3221
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.
Kumbhar, K.N. (2018). “Brainstorming technique: Innovative Quality Management Tool for Library”, https://www.researchgate.net/publication/325594636
Mengampuh, Y., Kuliah, M., & Indonesia, B. (2019). KESULITAN-KESULITAN YANG DIHADAPI OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INDONESIA IPTS DALAM PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI). 7(3), 193-199.
Nur, D., Amin, F., Sejarah, P., & Unj, P. P. S. (2016). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. 5(2), 1-15.
Pada, I., Kelas, S., & Tebing, V. S. D. N. (2020). SEJ (School Education Journal) Vol. 10 No. 3 Desember 2020. 10(3).
Silaban, Rosmini. 2017. Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Sederhana Melalui Metode Latihan Siswa Kelas 1 SD Negeri 014 Pagaran Tapah Darusalam. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran) 1(1): 16-24 (online), https://ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/4365/418
Watson, G, & Glaser, E. M. 2012. Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal: User-Guide and Technical Manual, UK Supervised and Unsupervised Versions 2012. Pearson Education Ltd.
Yossy Idris, H. E. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Metode Discovery Dengan Menggunakan Media Gambar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, TA 2011/2012 Universitas Ekasakti Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 15-28.