Lokakarya Pengolahan dan Pelaporan Hasil Asesmen Bagi Guru Dan Kepala Sekolah Di Kabupaten Bogor
Keywords:
asesmen, pelaporan hasil belajar, forum group discussion, sekolah penggerakAbstract
Lokakarya dalam kegiatan ini merupakan pertemuan antara kepala sekolah dan guru yang difasilitasi oleh fasilitator Sekolah Penggerak dalam lingkup kota/kabupaten untuk mendiskusikan bagaimana kepala sekolah dan guru dapat mendampingi dan mendukung implementasi kurikulum Merdeka. Tujuan lokakarya ini adalah peserta memahami langkah mengolah dan melaporkan hasil asesmen pembelajaran dan memahami prinsip dan langkah dalam pelaporan hasil pembelajaran. Lokakarya dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2022 di Hotel Rizen Premier, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Peserta lokakarya adalah 20 orang yang terdiri atas kepala sekolah dan perwakilan 3 orang guru komite pembelajaran. Sekolah yang menjadi peserta berasal dari SMA Plus Ibnu Sina, SMA 4 Cibinong, SMA 1 Gunung Sindur, SMA Indocement dan SMA Citra Nusa. Kegiatan dilakukan dalam bentuk tatap muka langsung dengan teknik pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD). FGD ini disusun ke dalam sesi ceramah. Produk yang dihasilkan dari lokakarya ini adalah peserta memahami cara pelaporan asesmen di satuan pendidikan dan membuat contoh pengisian rapor yang merujuk pada panduan asesmen dan rencana asesmen formatif. keterampilan tambahan yang didapatkan oleh peserta adalah Merencanakan refleksi dan penggunaan model asesmen yang sesuai untuk diterapkan oleh masing-masing guru, mengevaluasi hasil refleksi dan merancang rencana pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru
References
Asrijanty. (2021a). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, RIset dan Teknologi.
Asrijanty. (2021b). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, RIset dan Teknologi.
Gunawan, A., & LN, S. Y. (2021). Pelatihan Android Studio untuk Meningkatkan Kemampuan Dosen dan Tenaga Pendidik Dalam Bidang Teknologi Informasi di Universitas Bunda Mulia Jakarta. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(05), 451–459.
Gunawan, I. (2015). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru: Apa Program Yang Ditawarkan Oleh Kepala Sekolah? Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Berbasis Karya Ilmiah, 1(1), 305-312.
Kartono. (2011). Efektivitas Penilaian Diri dan Teman Sejawat untuk Penilaian Formatif dan Sumatif pada Pembelajaran Mata Kulian Analis Kompleks. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2005, 49–59.
KEMDIKBUD, P. (2021). Pembelajaran dan Asesmen, X–76.
Nurcahyono, N. A., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2019). Lokakarya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Implementasi Pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) Di Sukabumi, Indonesia. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01), 11–17. https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i01.1743
Prasetyono, H., Nurfahana, A., Ramdayana, I. P., Anita, T., & Hikmah, N. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran Program Sekolah Penggerak. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 155. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.12111
Rapi, N. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran dan Jenis Penilaian Formatif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMPN. Cakrawala Pendidikan, XXXV(1), 69–79.
Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–11.