Penggunaan Aplikasi Google Apps Remaja Griya Yatim & Dhuafa
Keywords:
Google Apps, Aplikasi, Online, DigitalAbstract
−Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat pesat. Salah satunya adalah di bidang komunikasi pembelajaran. Banyak orang telah menciptakan perangkat lunak pembelajaran multimedia untuk menyederhanakan proses belajar mengajar. Griya Yatim & Dhuafa, merupakan yayasan yang menampung anak-anak yang putus sekolah. Dimana anak-anak tetap disupport oleh donatur supaya dapat belajar dan sekolah. Para guru dan siswa banyak memanfaatkan aplikasi untuk menunjang belajar mengajar. Pembuatan tugas, dan materi pembelajaran yang semula masih menggunakan media cetak atau buku perlu ditingkatkan dengan bentuk digital. Google Apps merupakan aplikasi yg diciptakan oleh Google. Terdiri dari Google Drive, Slides, Sheets, Docs, Form. Dalam upaya pengenalan lebih jauh mengenai penggunaan Google Apps, disalurkan dengan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) mahasiswa Universitas Pamulang. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mengenai penggunaan Google Apps. Sasaran kegiatan PKM adalah siswa-siswa Asrama Griya Yatim Dhuafa cabang Bintaro.
References
Munir, Pembelajaran Digital. Bandung : Penerbit Alfabeta, 2017.
Nopriadi, “Analisa Pengaruh Google Apps for Education,” Processor, vol. 11, no. 1, pp. 720–730, 2016.
J. C. Chandra, “Pelatihan Aplikasi Google Apps Bagi Siswa Siswi Smk Bina Insani Pinang Kota Tangerang,” pp. 978–979, 2021.
B. Ulum and F. A. Fantiro, “Pemanfaatan Google Apps Di Era Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar,” Elem. J., vol. 1, no. 1, pp. 48–60, 2019.
I. Nugroho, H. J. Mukhtar, F. Julfiati, R. Mubarak, and H. I. Tumenggung, “Pengenalan Dan Pelatihan Menggunakan Google Apps Untuk Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid19 Di Yayasan Joshua Bangun Bangsa,” Abdimas Indones., vol. 1, no. 2, 2021.
N. Alfitri, H. Humaira, T. Azra, R. Hadi, and Y. Yefriadi, “Pelatihan Penggunaan Fitur Google Application For Education (GAFE) bagi Guru Sekolah,” J. Abdimas Pengabdi. dan Pengemb. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 76–80, 2020.