AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA SILA KE-2 TENTANG BELAJAR MENGAJAR PELAJARAN UMUM BAGI ANAK-ANAK DAN REMAJA

Authors

  • Makbullah Nura UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fadlan Ramadhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fakhkriel Zayida UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Nafhan Ramadhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabila Rahmi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Hafizatul Khairi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurhasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dian Herdiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bobang Noorisnan Pelita UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Tujuan dari program ini adalah mengembangkan sikap saling mencintai dan peduli sesama manusia serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan melalui belajar mengajar pelajaran umum. Program ini dilaksanakan karna melihat pentingnya mengamalkan nilai yang terkandung dalam Sila Ke-2 “Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab” yaitu nilai kemanusiaan yang didasarkan pada hati nurani manusia dalam hubungan dengan norma-norma dan kebudayaan. Program belajar mengajar dilaksanakan di lingkungan sekitar tempat tinggal anggota kelompok masing-masing dengan sasaran siswa Taman Kanak-Kanak hingga SMA. Metode yang digunakan dalam belajar mengajar yaitu metode ceramah yang disampaikan langsung pada peserta didik, metode diskusi, metode tanya jawab dan metode mengikuti dengan mengulang kembali apa yang telah diajarkan. Terlaksananya kegiatan belajar mengajar di sekitar lingkungan tempat tinggal anggota kelompok dengan berbagai materi yang disampaikan seperti: mengajarkan nilai-nila Pancasila, mengajarkan Bahasa Inggris, mengajarkan Matematika, dan mengajarkan Bahasa Indonesia. Dengan terlaksananya kegiatan-kegiatan belajar mengajar ini mampu mengamalkan nilai- nilai Pancasila di kesehariannya, menambah wawasan dalam ilmu pengetahuan, dan terciptanya kebersamaan yang erat satu sama lain, terdapat pula beberapa manfaat yang dapat para mahasiswa rasakan, seperti terjalinnya atau terjaganya silaturahmi, dapat membantu para murid untuk memahami lebih jauh apa makna dari Pancasila, dan diharapkan ilmu yang telah kami amalkan akan terus mengalir dilanjutkan oleh para murid ke depannya. Dengan melakukan program belajar mengajar sebagai Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila ini kita dapat menciptakan kebersamaan yang erat dan kuat sehingga muncul keinginan untuk saling melindungi, saling menolong, dan saking mengasihi.

References

Agustriani, Lala, Leilani Verdha, Muhammad Fajar, Marisa Inshi, Muhammad Farihin, Muhammad Salman, Muhammad Rama, et al. 2022. “Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Permainan Kerjasama Tim Kepada Anak-Anak.” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (1): 150–58.

Aini, Dinda Nurul, and Adhan Efendi. 2019. “Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Pancasila Dalam Pendidikan Vokasi.” Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan) 1 (1): 34–45.

Dahlan, H.M. 2018. “Nabi Muhammad SAW (Pemimpin Agama Dan Kepala Pemerintahan).” Jurnal Rihlah 6 (2): 178–92.

Jaedi, M. 2019. “Pentingnya Memahami Al-Qur`an Dan Ilmu Pengetahuan.” Jurnal RISALAH 5 (1): 62–70.

Sakdiah. 2016. “Karakteristik Kepemimpinan Dalam Islam (Kajian Historis FIlosofis) Sifat-Sifat Rasulullah.” Jurnal Al-Bayan 22 (33): 29–49.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Makbullah Nura, Muhammad Fadlan Ramadhan, Muhammad Fakhkriel Zayida, Muhammad Nafhan Ramadhan, Nabila Rahmi, Nur Hafizatul Khairi, Nurhasanah, Herdiana, D., & Bobang Noorisnan Pelita. (2022). AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA SILA KE-2 TENTANG BELAJAR MENGAJAR PELAJARAN UMUM BAGI ANAK-ANAK DAN REMAJA. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(04), 198–206. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/160

Most read articles by the same author(s)