Pembinaan Hukum Dalam Bentuk Pendidikan dan Penyadaran Hukum tentang Pemberdayaan Perempuan Untuk Kesetaraan Meningkatkan Partisipasi Dalam Pembangunan Lingkungan Hidup di Desa Kapita Kabupaten Je’ne Ponto

Authors

  • ST. Ulfah Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia
  • Satrih Hasyim Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia
  • Nasrullah Arsyad Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Pembinaan Hukum, Pendidikan dan Penyadaran Hukum, dan Pencemaran Lingkungan Hidup

Abstract

Pembinaan Hukum dalam bentuk Pendidikan dan Penyadaran Hukum tentang Pemberdayaan Perempuan untup⁰k Kesetaraan Meningkatkan Partisipasi dalam Pembangunan Lingkungan Hidup di Desa Kapita Kabupaten Je’ne Ponto. menjadi sebuah masalah yang menarik untuk dikaji secara mendalam, karena kehidupan desa tak melulu soal ekonomi dan sosial masyarakatnya. Juga lingkungan dengan segenap interaksi di dalamnya—manusia, tanah, air, udara, flora, dan fauna—yang semuanya saling terkait.

Di dalam Pengabdian ini, terdapat dua permasalahan mitra yaitu: 1. Masih kurangnya pemahaman warga di Desa Kapita Kabupaten Je’ne Ponto terkait Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.2. warga di Desa Kapita Kabupaten Je’ne Ponto, tidak mengetahui sanksi pidana pencemaran lingkungan hidup menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Berdasarkan permasalahan mitra tersebut kami menawarkan solusi Pembinaan dan Pendidikan dan Penyadaran Hukum tentang Pemberdayaan Perempuan untuk Kesetaraan Meningkatkan Partisipasi dalam Pembangunan Lingkungan Hidup di Desa Kapita Kabupaten Je’ne Ponto, dalam bentuk penyuluhan interaktif sehingga warga desa mengetahui bagaimanakah penegakan hukum tentang pencemaran lingkungan hidup menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

References

A’an Efendi; 2018, Hukum Pengelolaan Lingkungan, Penerbit Indeks Jakarta.

Chay Asdak; 2012, Kajian Lingkungan Hidup Strategis, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Muhammad Erwin; 2015, Hukum Lingkungan dalam Sistem Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup di Indonesia; PT.Refika Aditama.

M. Yusuf Wahid; 2018, Pengantar Hukum Lingkungan; Pernadamedia Group, Jakarta Timur.

Siti Sundari Rangkuti; 1996, Hukum Lingkungan dan kebijakan lingkungan nasional, Airlangga University Press, Surabaya.

Takdir Rahmadi; 2018, Hukum Lingkungan di Indonesia, Rajagrafindo persada, Depok.

UU No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

ST. Ulfah, Satrih Hasyim, & Nasrullah Arsyad. (2022). Pembinaan Hukum Dalam Bentuk Pendidikan dan Penyadaran Hukum tentang Pemberdayaan Perempuan Untuk Kesetaraan Meningkatkan Partisipasi Dalam Pembangunan Lingkungan Hidup di Desa Kapita Kabupaten Je’ne Ponto. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(11), 1400–1407. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/1514