Peran Teknologi Informasi dalam Pendidikan di SMP Negeri 5 Tangerang Selatan

Authors

  • Hendro Tirta Anggardi Universitas Pamulang
  • Afiudin Bayu Seto Universitas Pamulang
  • Ahmad Aditia Prayoga Universitas Pamulang
  • Fauzan Al Ihsan Universitas Pamulang
  • Hilman Firliansyah Universitas Pamulang
  • Muhamad Rafi’ul Fajar Universitas Pamulang
  • Muhammad Lutfi Ariski Universitas Pamulang
  • Muhammad Nur Fahrezi Universitas Pamulang
  • Nurmansyah Nurmansyah Universitas Pamulang
  • Nurmansyah Nurmansyah Universitas Pamulang
  • Rafli Febrian Qasthalani Universitas Pamulang
  • Nanang Nanang Universitas Pamulang

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat pada era globalisasi saat ini tidak mampu dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran. Teknologi menjadi sebuah alat pendukung yang digunakan dalam pendidikan untuk mempermudah guru dalam mengajar peserta didik dengan hasil yang ingin dicapai. Di masa seperti saat ini sering kita temui adanya penggunaan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pendidik untuk mengajar atau pelajar atau mahasiswa untuk belajar. Permasalahan yang ditemui dalam SMPN 5 Tangerang Selatan ialah kurangnya pemahaman siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. Hal tersebut karena kurangnya sosialisasi tentang pembelajaran daring seperti sarana yang digunakan. Dalam kegiatan pengabdian ini, para siswa mendapatkan sosialisasi tentang bagaimana memanfaatkan teknologi informasi secara bijak untuk digunakan dalam pendidikan, khususnya pembelajaran secara daring. Pengabdian dilakukan dengan metode sosialisasi, yaitu pemaparan materi dan diskusi. Hasil dari sosialisasi ini  menunjukkan bahwa para siswa sudah dapat menggunakan teknologi  informasi dengan baik dan bijak, khususnya sebagai wadah pembelajaran.

References

S. Lestari, “PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI,” Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94-100, August 2018.

U. H. Salsabila dan N. Agustian, “PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN,” Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 123-133, January 2021.

D. Surani, “STUDI LITERATUR : PERAN TEKNOLOG PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN 4.0,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP , vol. 2, no. 1, pp. 456-469, 2019.

U. H. Salsabila, L. I. Sari, K. H. Lathif, A. P. Lestari dan A. Ayuning, “PERAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19,” Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, vol. 17, no. 2, pp. 188-198, December 2020.

E. Mulyana dan A. Saepudin, “PERKEMBANGAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN JARAK JAUH,” Jurnal Teknodik, vol. 10, no. 18, pp. 119-134, April 2019.

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Tirta Anggardi, H. ., Bayu Seto, A. ., Aditia Prayoga, A. ., Al Ihsan, F. ., Firliansyah, H. ., Rafi’ul Fajar, M. ., Lutfi Ariski, M. ., Nur Fahrezi, M. ., Nurmansyah, N., Nurmansyah, N., Febrian Qasthalani, R. ., & Nanang, N. (2022). Peran Teknologi Informasi dalam Pendidikan di SMP Negeri 5 Tangerang Selatan. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(11), 1321–1324. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/1410