Penerapan Pojok UMKM Sebagai Sarana Penguatan & Pemasaran Produk Pada Komunitas Food Community Bandung

Authors

  • Rennyta Yusiana Universitas Telkom
  • Arry Widodo Universitas Telkom
  • Astadi Pangarso Universitas Telkom
  • Robbi Hendriyanto Universitas Telkom
  • Rizza Indah Mega Mandasari Universitas Telkom
  • Fauzan Aziz Universitas Telkom
  • Romat Saragih Universitas Telkom
  • Pramitha Aulia Universitas Telkom
  • Nadya Novandriani Karina Moeliono Universitas Telkom

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, Pojok UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM berperan penting serta stratejik terkait pembangunan ekonomi nasional. UMKM berperan menumbuhkan ekonomi, menyerap tenaga kerja dan mendistribusikan hasil-hasil usahanya. Pandemi Covid-19 yang terjadi dua tahun belakangan ini telah membuat dampak besar kepada kegiatan UMKM salah satunya di kegiatan pemasaran mereka. Seiring dengan pembatasan social yang sudah mulai diringankan banyak tempat seperti hotel, fasilitas umum, kantor dan institusi telah dibuka kembali secara berkala. Tempat-tempat tersebut merupakan potensi dalam penguatan kembali di kegiatan pemasaran pada UMKM. Kecenderungan UMKM dalam menggunakan cara konvensional tatap muka secara langsung untuk memasarkan produknya tidak akan dapat dilakukan, ketika ada regulasi yang  diberlakukan kembali. Dalam hal ini diperlukan bentuk pelayanan dan fasilitas secara digital yang membantu UMKM dalam menguatkan pemasaran produknya tanpa harus terkena dampak regulasi pembatasan social secara langsung. Penguatan pemasaran ini diperlukan untuk membantu UMKM dalam memulihkan kembali usaha mereka yang telah terdampak dari banyak regulasi selama masa Covid-19 berlangsung. Untuk itu dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini, kami mengajukan Penerapan Pojok UMKM Sebagai Sarana Penguatan dan Marketing Produk UMKM Web Katalog pada Komunitas Food Community Bandung. Sebagai mitra, dipilih UMKM Food Community.

References

Juhro, S. (2018). Pembangunan Inklusif Bagi UMKM di Era Digital. Bank Indonesia.

LIPI. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Bank Indonesia.

DJKN Kemenkeu. (2022, Februari). Diambil kembali dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Bank Indonesia, "MSME Development requires a Conducive Ecosystem," [Online]. Available: https://www.bi.go.id/en/ruang-media/info-terbaru/Pages/Pengembangan-UMKM-Membutuhkan-Ekosistem-yang-Kondusif.aspx.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Yusiana, R. ., Widodo, A. ., Pangarso, A. ., Hendriyanto, R. ., Indah Mega Mandasari, R. ., Aziz, F. ., Saragih, R. ., Aulia, P. ., & Novandriani Karina Moeliono, N. . (2022). Penerapan Pojok UMKM Sebagai Sarana Penguatan & Pemasaran Produk Pada Komunitas Food Community Bandung . AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(11), 1302–1309. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/1355