Penerapan Pojok UMKM Sebagai Sarana Penguatan & Pemasaran Produk Pada Komunitas Food Community Bandung
Keywords:
Digital Marketing, UMKM, Pojok UMKMAbstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM berperan penting serta stratejik terkait pembangunan ekonomi nasional. UMKM berperan menumbuhkan ekonomi, menyerap tenaga kerja dan mendistribusikan hasil-hasil usahanya. Pandemi Covid-19 yang terjadi dua tahun belakangan ini telah membuat dampak besar kepada kegiatan UMKM salah satunya di kegiatan pemasaran mereka. Seiring dengan pembatasan social yang sudah mulai diringankan banyak tempat seperti hotel, fasilitas umum, kantor dan institusi telah dibuka kembali secara berkala. Tempat-tempat tersebut merupakan potensi dalam penguatan kembali di kegiatan pemasaran pada UMKM. Kecenderungan UMKM dalam menggunakan cara konvensional tatap muka secara langsung untuk memasarkan produknya tidak akan dapat dilakukan, ketika ada regulasi yang diberlakukan kembali. Dalam hal ini diperlukan bentuk pelayanan dan fasilitas secara digital yang membantu UMKM dalam menguatkan pemasaran produknya tanpa harus terkena dampak regulasi pembatasan social secara langsung. Penguatan pemasaran ini diperlukan untuk membantu UMKM dalam memulihkan kembali usaha mereka yang telah terdampak dari banyak regulasi selama masa Covid-19 berlangsung. Untuk itu dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini, kami mengajukan Penerapan Pojok UMKM Sebagai Sarana Penguatan dan Marketing Produk UMKM Web Katalog pada Komunitas Food Community Bandung. Sebagai mitra, dipilih UMKM Food Community.
References
Juhro, S. (2018). Pembangunan Inklusif Bagi UMKM di Era Digital. Bank Indonesia.
LIPI. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Bank Indonesia.
DJKN Kemenkeu. (2022, Februari). Diambil kembali dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html
Bank Indonesia, "MSME Development requires a Conducive Ecosystem," [Online]. Available: https://www.bi.go.id/en/ruang-media/info-terbaru/Pages/Pengembangan-UMKM-Membutuhkan-Ekosistem-yang-Kondusif.aspx.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga