Manajemen Usaha Kuliner Kelurahan Cipinang Melayu Jakarta Timur Dalam Menghadapi Era New Normal
Abstract
Abstrak−Program Kemitraan Masyarakat ini bermitra dengan Kelompok Kuliner RW 13 Kelurahan Cipinang Melayu Jakarta Timur. Permasalahan yang dihadapi, adalah: (1) Belum diterapkannya tata kelola dan administrasi yang baik, serta pelaporan keuangan, (2) Belum tersedianya kemasan produk yang menarik pembeli, (3) Sistem promosi yang dilakukan masih sederhana belum memanfaatkan teknologi digital. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan mitra adalah: (1) Memberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelolah usaha, perbaikan administrasi dan keuangan, (2) Memberikan pelatihan cara membuat kemasan yang baik dan higienis, (3) Memberikan pelatihan tentang sistem promosi dan pemasaran secara online. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu pelatiham, ceramah, diskusi dan Tanya jawab terkait materi pelatihan yang diberikan. Hasil yang diperoleh setelah seluruh kegiatan dilaksanakan, adalah: Mitra anggota kelompok telah memiliki pengetahuan dan keterampilan mengelola usahanya sendiri dan dapat membuat pembukuan dan pelaporan keuangan, Mitra anggota kelompok memiliki pengetahuan dan keterampilan membuat kemasan sendiri yang yang higienis dan menarik, Mitra anggota kelompok memiliki pengetahuan dan keterampian dalam membuat kemasan yang baik dan higienis, serta dapat mempromosikan, memasarkan produk dengan memanfaatkan tekonologi digital sistem online melalui social media (web, wa, face book dan instagram). Hasil ini tercapai karena adanya sikap dan motivasi yang tinggi yang dimiliki mitra kuliner mengikuti pelatihan dari awal sampai selesai. Adanya penguatan manajemen usaha kuliner yang dimiliki memberikan dampak positif dan lebih bersemangat dalam menjalankan usahanya setelah mengalami penurunan dimasa pandemi covid-19.
Kata Kunci: Manajemen usaha, Kuliner, pemasaran online.
References
Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Enterpreuner dan Enterpreneurship, 5(1), 19–25
Ezizwita, et al. (2020). Strategi Penguatan Manajemen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Industri Pengolahan Makanan Ringan di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam Sumbar. Menara Ilmu. XIV(2), 23-37.
Fajar, Mukti. (2015). UMKM dan Globalisasi Ekonomi. Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Hadinugroho, B. et al. (2020). Pemberdayaan UMKM Kuliner dalam Manajemen dan Pemasaran Produk Secara Online pada UMKM di Kecamatan Jebres Surakarta. Prosiding PKM-CSR, Vol. 3, 1015-1018.
Mia Ajeng, A. 2018. Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK di Kota Kudus. Journal of Dedicators Community, 2(2): 83-90.
Musnaini, Wijoyo, H., Indrawan, I., & Syahtriatna. 2020. Digipreneurship (Kewirausahaan Digital) (1st ed.). CV. Pena Persada.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278.