Perancangan Sistem Informasi Percetakan Sablon Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall Pada Tangsware Industri
Keywords:
Percetakan Sablon, Waterfall, Website, BlackboxAbstract
The transformation of societal lifestyles in the digital era has influenced the way consumers shop, with information technology playing a crucial role in simplifying the process. Printing and garment businesses have also adapted to these developments, seeking to utilize innovations to expand marketing and streamline the ordering process. Tangswear Industri, a garment company established since 2015, currently relies on manual business processes in serving customers, leading to frequent errors in order recording and design discrepancies. Additionally, sales are inconsistent as they are primarily marketed through word of mouth. To address these issues, the researcher has designed a web-based information system for Tangswear Industri. This system not only serves as an online ordering platform but also functions as a gallery for organizing designs. The Waterfall development method is employed with the hope of overcoming constraints, improving order efficiency, and attracting customers from outside Tangerang.
References
Abdillah, Leon, & Andretti. (2003). Sistem Basis Data Lanjut 1: Membangun Sistem Basis Data. Palembang: Universitas Bina Darma.
Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Adi, N. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi.
Ahmad, B. e. (2022). Implementasi Metode Inkuiri Pada Program Ekstrakurikuler Sains Club di SD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 8.
Andiko, R. S., & Cahyono, M. R. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Transaksi Barcode Berbasis Java Dan Melalui Metode Unified Modeling Language (UML). Jurnal Instrumentasi dan Teknologi Informatika, 160-166.
Bahrudin, A., Permata, & Jupriyadi. (2020). OPTIMASI ARSIP PENYIMPANAN DOKUMEN FOTO MENGGUNAKAN ALGORITMA KOMPRESI DEFLATE (STUDI KASUS :STUDIO MUEZZART). Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 14-18.
Bekti, H. (2022). Mahir Membuat Website dengan Menggunakan PHP dan MySQL dan Informasi. Jurnal Informatika dan Komputer, 81-87.
Carolina , I., & Rusman , A. (2019). Penerapan Extreme Programming Pada Sistem Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web (Studi Kasus Toko ST Jaya). Jurnal inovtek polbeng - seri informatika, 157-167.
Dhika, H., Isnain, N., & Tofan, M. (2019). MANAJEMEN VILLA MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS DAN MYSQL. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 104-110.
Fatta, H. A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Andi.
Indrajani. (2015). Database Design. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Izulhaq, A., Indahyanti, U., & Astutik, I. R. (2023). Sistem Informasi Pemesanan Produk Percetakan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 486-496.
Jamaluddin, Hajriyanti, R., & Bahruni. (2023, februari). Sistem Informasi Pemesanan Produk Percetakan Berbasis Web pada CV. Page Grafika Banda Aceh. Computer journal, 1, 23-32.
Jaya, T. S. (2018). Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT.
MADCOMS. (2016). Manajemen Sistem Jaringan Komputer. Madiun: Andi. Malik, D. S., & Zein, A. (2022). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Personal Extreme programingdi Toko Surya Gemilang. Jurnal Ilmu Komputer, 51.
Martins, A. I., & Rosa, A. F. (2015). European Portuguese Validation of the System Usability Scale (SUS). In Procedia Computer Science, 273.
Mulyanto, J. D., Imaniawan, F. F., Mustofa, & Alfarobi, I. (2023). Implementasi Metode Prototype pada Sistem Informasi Pemesanan Kaos Sablon CV Jiyo’g Berbasis Website. Jurnal Komputer dan Informatika, 48-52.
Pangestu, T. P., Sholeh, M., & Fatkhiyah, E. (2022, Desember). Pengembangan Website Transaksi Penjualan dan Pembelian Kaos Sablon Serta Promosi di Dexter Screenprinting. Jurnal SCRIPT, 10, 59-67.
Prasetyo, A. (2018, April 2). antonprasetyo.files.wordpress.com. Retrieved from antonprasetyo.files.wordpress: https://antonprasetyo.files.wordpress.com/2011/01/sejarah-sablon.doc
Pressman, R. S. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku 1. Yogyakarta: ANDI.
Rahmananda , L. A., & Putera , A. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Pengadaan Produksi Berbasis Website Pada Mitra Anda Konveksi. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 127-135.
Rahmawati, D., Gufran, M. R., & Komalasari , N. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pembukuan UKM Konveksi Bim Collection Berbasis Website Dengan Metode OOAD. Jurnal Teknik Informatika Unis, 127-135.
Samsir, & Sitorus, J. H. (2021, Juni). Perancangan Sistem Monitoring Lokasi Kendaraan Menggunakan Gps U-Blox Berbasis Android. Jurnal Bisantara Informatika, 5, 1-10.
Shalahuddin, M., & Rosa,, A. S. (2013). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Penerbit Informatika.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Sulistyo, & Ardhiansyah, M. (2023). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Menggunakan Model Scrum (Studi Kasus : Webake Bakery & Cookies). Jurnal Ilmu Komputer dan Science, 372-378.
Syawaludin, F., Najmuddin, F., & Rosmiati, M. (2023). Sistem Informasi Online Pemesanan Dan Penyedia Informasi Jasa Percetekan Berbasis Web. Informatika dan Teknologi (INTECH), 13-17.
Zaliluddin , D., & Rohmat. (2018). Perancangan sistem informasi penjualan berbasis web (studi kasus pada newbiestore). INFOTECH journal , 24-27