Literature Review : Implementasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Diabetes Menggunakan Metode Fuzzy

Authors

  • Rahman Maulana Universitas Pamulang
  • Muhammad Akbar Fadillah Universitas Pamulang
  • Sakha Satrio Pambudi Universitas Pamulang
  • Perani Rosyani Universitas Pamulang

Keywords:

Implementasi Sistem Pakar, Diagnosa Penyakit Diabetes, Metode Fuzzy

Abstract

Penelitian ini merupakan tinjauan literatur yang bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi sistem pakar menggunakan metode fuzzy dalam proses diagnosa penyakit diabetes. Dalam bidang kesehatan, diabetes menjadi fokus utama karena dampaknya yang signifikan pada kesejahteraan individu. Melalui tinjauan literatur, penelitian ini melakukan pencarian dan analisis berbagai sumber dan artikel ilmiah yang relevan guna menjelaskan penerapan sistem pakar dengan metode fuzzy dalam mendiagnosa penyakit diabetes. Temuan dari tinjauan literatur menunjukkan bahwa implementasi sistem pakar dengan metode fuzzy telah berhasil memperoleh hasil positif dalam mendukung proses diagnosa penyakit diabetes. Metode ini memungkinkan pengumpulan gejala dan informasi medis yang teramati pada pasien, serta menerapkan aturan fuzzy yang telah ditetapkan untuk mencapai diagnosa yang akurat. Dengan terus meningkatkan implementasi dan pengembangan sistem pakar yang lebih canggih, diharapkan dapat ditemukan solusi yang lebih efisien dan andal dalam diagnosa penyakit diabetes. Kontribusi penting dari penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan penanganan penyakit diabetes, meningkatkan kualitas hidup pasien, dan mengurangi dampak negatif yang diakibatkan oleh penyakit ini.

References

Bacin, S. (2021). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Diabetes Menggunakan Metode Inferensi Fuzzy Mamdani. Resolusi: Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi, 1(3), 188-194.

Hidayat, H., Musthofa, K. N., Octavian, R., Firdaus, R., & Rosyani, P. (2022). Analisis Perbandingan Metode Logika Fuzzy Untuk Mendiagnosis Penyakit Diabetes Melitus. BISIK: Jurnal Ilmu Komputer, Hukum, Kesehatan dan Sosial Humaniora, 1(1), 40-45.

Khaliq, F. A., Ariestia, F. A., Arkansyah, I., Leksono, R. A. S., & Rosyani, P. (2022). Perbandingan Metode Fuzzy Mamdani, Sugeno dan Tsukamoto dalam Mendiagnosa Penyakit Diabetes Melitus. BISIK: Jurnal Ilmu Komputer, Hukum, Kesehatan dan Sosial Humaniora, 1(1), 62-66.

Rahmayani, A., Melania, A., Amara, F., & Rosyani, P. (2022). APLIKASI PEMILIHAN POWDER MINUMAN BERDASARKAN REFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC. BISIK: Jurnal Ilmu Komputer, Hukum, Kesehatan dan Sosial Humaniora, 1(1), 51-61.

Rosyani, P., Suhendi, A., Apriyanti, D. H., & Waskita, A. A. (2021). Color Features Based Flower Image Segmentation Using K-Means and Fuzzy C-Means. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(3), 253-259.

Silmina, E. P., Hardiani, T., & Robi’in, B. (2020, April). Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Diabetes Melitus Gestasional Pada Ibu Hamil Menggunakan Fuzzy Mamdani. In Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika (Vol. 4, No. 1).

Sugiono, S., & Junior, A. (2022). Klasifikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Diabetes Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 766-773.

Sundawa, E., Utami, M. N., Putra, A. S., Nur, M. I., & Rosyani, P. (2022). Analisis Perbandingan Metode Logika Fuzzy Untuk Menentukan Harga Penjualan/Pembelian Sepeda Motor. BISIK: Jurnal Ilmu Komputer, Hukum, Kesehatan dan Sosial Humaniora, 1(1), 46-50.

Tullah, R., Mustafa, S. M., & Rochim, A. (2019). Sistem Pakar Pendeteksi Penyakit Diabetes Mellitus Menggunakan Algoritma Fuzzy Logic Takagi Sugeno Kang. Jurnal Sisfotek Global, 9(2).

Wardana, H. K., Ummah, I., & Fitriyah, L. A. Sistem Pakar Fuzzy dengan Metode Sugeno Untuk Diagnosa Penyakit Diabetes Mellitus. Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat, 19(2), 118-125.

Published

2023-07-26

How to Cite

Maulana, R., Akbar Fadillah, M., Satrio Pambudi, S., & Rosyani, P. (2023). Literature Review : Implementasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Diabetes Menggunakan Metode Fuzzy . BINER : Jurnal Ilmu Komputer, Teknik Dan Multimedia, 1(3), 510–515. Retrieved from http://journal.mediapublikasi.id/index.php/Biner/article/view/3083

Most read articles by the same author(s)