Analisis Peran Inovasi Produk Dalam Memperkuat Posisi Pasar Pada Produk UMKM Fourtune Parfume

Authors

  • Syadzaroti Salsa Salafina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • R. Audi Cahya Lucky Ramadhan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Putri Aisyah Purwanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Tiara Shafa Putri Shefira Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Achmad Baidhowi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika

Keywords:

Strategi Pemasaran, UMKM, Fourtune Parfume, SWOT, Five Forces Porter

Abstract

Fourtune Parfume merupakan salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di industri parfum dengan fokus pada inovasi produk berkualitas tinggi dan strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Fourtune Parfume dengan pendekatan SWOT dan Five Forces Porter guna memahami posisi kompetitif serta peluang pengembangan usaha di pasar parfum. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis data sekunder dan wawancara terhadap pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fourtune Parfume memiliki keunggulan kompetitif dalam diferensiasi produk dan pemasaran digital, namun masih menghadapi tantangan dalam persaingan dengan merek besar serta fluktuasi harga bahan baku. Melalui analisis SWOT, ditemukan bahwa pemanfaatan media sosial dan tren konsumen terhadap parfum lokal dapat menjadi peluang untuk ekspansi pasar. Sementara itu, analisis Five Forces Porter mengungkap bahwa daya tawar pemasok dan ancaman pendatang baru menjadi faktor utama yang memengaruhi daya saing usaha. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang lebih inovatif serta peningkatan efisiensi rantai pasok menjadi kunci bagi Fourtune Parfume dalam mempertahankan dan memperluas pasar.

References

Itamar, S., Utomo, T. P., Fadhallah, E. G., & Raysid, H. A. (2023b). FORMULASI MINYAK ATSIRI (ESSENTIAL OIL) CENGKEH (OLEUM SYZYGIUM AROMATICUM) PADA PEMBUATAN EAU DE PARFUME. Inovasi Pembangunan Jurnal Kelitbangan, 11(02), 209–224. https://doi.org/10.35450/jip.v11i02.398

Listiana, D. (2022). The perfumery spices of Dayak land and its trade in the nineteenth century. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 23(3). https://doi.org/10.14203/jmb.v23i3.1467

Jamiat, N., & Musyaffa, R. N. (2024). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian Rozs Perfumery. Journal of Economic Bussines and Accounting (COSTING), 7(5), 1036–1047. https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11813

Arkarima, M., & Hidayat, M. J. (2021). Pemanfaatan material cork untuk desain kemasan parfum. PRODUCTUM Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 4(1), 25–32. https://doi.org/10.24821/productum.v4i1.3907

Pradika, M. F., & Alamiyah, S. S. (2024b). INOVASI GAMIFIKASI WEBSITE PERSY PERFUME SEBAGAI PENGALAMAN KONSUMEN DALAM PEMILIHAN PARFUM KEPRIBADIAN SECARA DIGITAL. Analisis, 14(2), 271–285. https://doi.org/10.37478/als.v14i2.4563

Sinatrya, J. O. (2016). Sensuality in perfume Advertisements: An analysis of multimodality in Cosmopolitan and Cosmopolitan Men Magazine. SciSpace - Paper.

Dewi, P. R. K., & Wiranata, I. M. A. (2023). The Collaboration between Dior and Balinese Endek Woven within The Framework of Indonesian Cultural Diplomacy. Jurnal Global & Strategis, 17(2), 417–442. https://doi.org/10.20473/jgs.17.2.2023.417-442

Zahra, D. N., & Goeyardi, W. (2022). Akulturasi Budaya Islam dan Cina Pada Ornamen Kaligrafi yang Terdapat Di Dalam Bangunan Masjid Lautze Jakarta. Jurnal Cakrawala Mandarin, 6(2), 530. https://doi.org/10.36279/apsmi.v6i2.227

Pezoldt, K., & Michaelis, A. D. (2014). Parfümwahl am Point of Sale - Eine neuroökonomisch fundierte Analyse zur Ableitung relevanter Einflussdeterminanten auf Basis des S-O-R-Modells. SciSpace - Paper.

Ramadani, S. P., Mirzanti, I. R., & Sjarif, R. S. (2023). Proposed marketing strategy to increase sales (Study case: Ouromatica Fragrance). International Journal of Current Science Research and Review, 06(07). https://doi.org/10.47191/ijcsrr/v6-i7-25

Meftahudin, M., Putranto, A., & Wijayanti, R. (2018). Penerapan Analisis SWOT dan Five Forces Porter Sebagai Landasan untuk Merumuskan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Laba Perusahaan (Studi Pada Tin Panda Collection di Kabupaten Magelang). Journal of Economic Management Accounting and Technology, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.209

Li, N., Tan, Y., Guan, X., & Lv, Y. (2024). Analysis of the marketing environment of the cosmeceutical industry based on Porter’s Five Forces model and PEST model. International Journal of Global Economics and Management, 4(2), 498–501. https://doi.org/10.62051/ijgem.v4n2.57

Wu, Z. (2023). Research on the marketing strategy of perfumes of luxury brands - taking Dior and Guerlain as examples. Advances in Economics Management and Political Sciences, 53(1), 168–176. https://doi.org/10.54254/2754-1169/53/20230820

Kostetska, N. (2022). M. PORTER’S FIVE FORCES MODEL AS a TOOL FOR INDUSTRIAL MARKETS ANALYSIS. INNOVATIVE ECONOMY, 4, 131–135. https://doi.org/10.37332/2309-1533.2022.4.18

Benea-Popusoi, E., & Jilca, A. (2022). PERFUMES MANUFACTURING AS PART OF THE CREATIVE INDUSTRIES: ITS GLOBAL AND LOCAL ECONOMIC IMPACT. Economica, 3(121), 25–45. https://doi.org/10.53486/econ.2022.121.025

Rahayu, M. S., Yunita, I. R., & Widiawati, C. R. A. (2024). Optimization of Perfume Sales through Data Mining with K-Means Algorithm. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 8(3), 1715. https://doi.org/10.30865/mib.v8i3.7922

Published

2025-02-01

How to Cite

Salsa Salafina, S., Audi Cahya Lucky Ramadhan, R., Aisyah Purwanti, P. ., Shafa Putri Shefira, T. ., & Baidhowi, A. . (2025). Analisis Peran Inovasi Produk Dalam Memperkuat Posisi Pasar Pada Produk UMKM Fourtune Parfume. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 3(3 : Maret), 186–193. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/manekin/article/view/5096