Pengaruh Celebrity Endorser, Fanatisme Penggemar Dan Merchandise Terhadap Keputusan Pembelian Mie Lemonilo (Studi Kasus NCTzen Indonesia)
Keywords:
Celebrity Endorser, Fanatisme Penggemar, Merchandise, Keputusan PembelianAbstract
This research discusses the influence of celebrity endorsers, fan fanaticism and NCT Dream fan merchandise on the purchase decision of Mie Lemonilo. The independent variables in this study were celebrity endorsers, fan fanaticism, and merchandise while the dependent variables were the decision to buy Mie Lemonilo. The research method used is a quantitative research method with a total of 100 respondents obtained using a nonprobability sampling method from the entire NCTzen population who are followers of @7dreamsbt Twitter account. This study uses IBM SPSS Statistic 27 software and the results of this study show that celebrity endorsers, fan fanaticism, and merchandise have a positive and significant effect on the purchase decision of Mie Lemonilo.
References
Adrianto, N.F. & Sutrasmawati, E. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Pada Proses Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 5(2), 104–109.
Darmansyah, D. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Aplikasi Manajemen, 12(2).
Keller, K. dan Keller, K.L. (2007). Manajemen pemasaran. 12th edn. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Keller, K. dan Ketler, K.L. (2009). Manajemen pemasaran. 13th edn. Jakarta: Erlangga.
Keller, K. dan Ketler, K.L. (2012). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P.& Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.
M.Mursid (2010). Manajemen pemasaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Mukaromah, E.F. (2020). Pengaruh fanatisme suporter, brand love, dan perilaku konsumtif terhadap keputusan pembelian merchandise (Studi pada Arema FC Official Store di Kota Malang). Ilmiah Mahasiswa FEB. 8(2).
Nasution, A.N.A.R. (2021). Pengaruh brand ambassador, perilaku konsumtif, dan fanatisme terhadap keputusan pembelian produk nature republic dalam perspektif ekonomi islam (Studi kasus pada konsumen penggemar boygroup Korea Nct 127 di Indonesia). Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/13706/, 4(1), pp. 1–23. Available at: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13706/.
Novika, W.B., Andayani, S. & Pratiwi, N. (2022). Pengaruh brand ambassador dan fanatisme penggemar terhadap minat beli para k-popers di kota Surabaya pada produk mie instan lemonilo. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01), pp. 21–25.
Pratiwiningsih, I. (2018). Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian melalui brand image (Studi pada Konsumen Honda Vario di CV. Sumber Makmur Abadi). Universitas Negeri Semarang.
Syafitri, P.E. (2019). Pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli pengguna sosial media instagram pada mahasiswa program studi manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar, 1(1), pp. 1–100. Available at: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/8318-Full_Text.pdf