PENYUSUNAN TES HASIL BELAJAR DENGAN CHC BROAD ABILITY: READING AND WRITING (Grw)

Authors

  • Briliani Putri Pijar Pratiwi Universitas Airlangga
  • Alvini Agustina Alyssa R Universitas Airlangga
  • Muthia Permata Sari Universitas Airlangga
  • Fazila Nayyara Avianto Universitas Airlangga
  • Josephine Keshia Fadil Universitas Airlangga

Keywords:

Pengukuran Kemampuan Kognitif, Model Cattell-Horn-Carroll, Broad Ability Reading And Writing (Grw)

Abstract

Pengukuran kemampuan kognitif menjadi aspek penting dalam pendidikan dan psikologi. Salah satu pendekatan yang banyak digunakan adalah model Cattell-Horn-Carroll (CHC) yang membedakan antara kemampuan umum (broad abilities) dan kemampuan khusus (narrow abilities). Penelitian ini berfokus pada Broad Ability Reading and Writing (Grw) dan dua Narrow Abilities-nya yaitu Spelling Ability dan Reading Comprehension. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas serta reliabilitas alat ukur yang dapat secara efektif mengukur kemampuan membaca dan menulis siswa SMA. Alat ukur yang didesain terdiri atas 50 item untuk mengukur kedua konstruk tersebut. Uji coba alat ukur dilakukan terhadap 108 siswa SMA. Validitas alat ukur diuji melalui Content Validity Index yang menunjukkan semua item layak digunakan. Analisis item menunjukkan distribusi jawaban dan daya beda item yang baik. Berdasarkan hasil reliabilitas, skala ini terbukti reliabel untuk mengukur kemampuan baca tulis dan ejaan siswa SMA. Dengan demikian, alat ukur ini layak digunakan untuk pengukuran kemampuan baca tulis dan ejaan peserta didik SMA.

References

Kami menyusun tes kognitif ini berdasarkan dua narrow ability dari broad ability Reading and Writing milik teori Cattell-Horn-Carroll (CHC). Dua narrow ability ini merupakan Spelling Ability (SG) dan Reading Comprehension (RC). Kemudian, hasil tes yang disusun kami uji cobakan kepada subjek, yaitu siswa-siswi kelas X, XI, XII di SMA Negeri 15 Surabaya. Setelah dilakukan uji coba dan analisis terhadap hasil uji coba tersebut, didapatkan bahwa berdasarkan 50 soal, terdapat 5 item dengan kategori daya beda negatif, dan kemudian tersisa 45 item dengan keterangan 8 item yang kurang baik, 15 item yang tergolong cukup baik, dan 22 item yang tergolong baik.

DAFTAR PUSTAKA

McGrew, K, ‘The Cattell-Horn-Carroll Theory of Cognitive Abilities: Past, Present, and Future’, in Contemporary Intellectual Assessment: Theories, Tests, and Issues, 2005

McGrew, K S, ‘CHC Theory and the Human Cognitive Abilities Project: Standing on the Shoulders of the Giants of Psychometric Intelligence Research’, Intelligence, 37.1 (2009), pp. 1–10

Schneider, W J, and K S McGrew, ‘The Cattell–Horn–Carroll Theory of Cognitive Abilities’, in Contemporary Intellectual Assessment: Theories, Tests, and Issues, ed. by D P Flanagan and E M McDonough (The Guilford Press, 2018), pp. 73–163

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Briliani Putri Pijar Pratiwi, Alvini Agustina Alyssa R, Muthia Permata Sari, Fazila Nayyara Avianto, & Josephine Keshia Fadil. (2024). PENYUSUNAN TES HASIL BELAJAR DENGAN CHC BROAD ABILITY: READING AND WRITING (Grw) . Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 2(4 : Juni), 475–491. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/manekin/article/view/4278