Layanan Bimbingan Konseling Di MA Miftahul Huda Lampung Tengah
Keywords:
Layanan, Bimbingan, KonselingAbstract
Layanan bimbingan dan konseling di sekolah memainkan peran krusial dalam mendukung perkembangan positif peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MA Miftahul Huda untuk mengungkapkan peran dan manfaat layanan tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan dan prestasi akademik siswa. Dalam menghadapi tantangan ekonomi dan tekanan sosial, layanan ini diharapkan dapat meredakan dampak negatifnya. Faktor-faktor seperti perbedaan pola pikir antara orang tua dan anak, tekanan ekonomi, dan tantangan pendidikan memerlukan pendekatan holistik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan penelitian lapangan, melibatkan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Guru Bimbingan Konseling di MA Miftahul Huda berperan penting dalam memberikan dukungan akademis, panduan karir, dan konseling pribadi. Tujuh jenis layanan konseling diterapkan sesuai kebutuhan siswa. Hasil wawancara menunjukkan peningkatan pemahaman diri, keaktifan, dan kepercayaan diri siswa. Siswa kelas XII khususnya merasakan dampak positif layanan informasi karir, membantu merencanakan langkah setelah lulus. Layanan ini tidak hanya memberikan solusi bagi siswa dengan masalah, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka. Dengan pemahaman peran penting layanan ini, diharapkan kerja sama semua pihak dapat memaksimalkan manfaatnya bagi siswa secara pribadi, emosional, dan akademik. Penelitian ini menggambarkan dampak positif dan tantangan layanan bimbingan konseling, menekankan perlunya dukungan yang kuat untuk memastikan keberlanjutan layanan tersebut.
References
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
Arisman Juanda. (2023). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Dalam Upaya Peningkatan Nilai Islami. FITRAH: International Islamic Education Journal, 5(1), 15–36. https://doi.org/10.22373/fitrah.v5i1.2573
Gasela, C., Elita, Y., & Mishbahuddin, A. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Perilaku Beretiket Remaja. jurnal Consilia, 2(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
Humaida, R., Munastiwi, E., Irbah, A. N., & Fauziah, N. (2022). Strategi mengembangkan rasa percaya diri pada anak usia dini. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(2), 1–15.
Khasbulloh, A., & Karim, A. A. A. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel. Simtek : jurnal sistem informasi dan teknik komputer, 8(1), 17–23. https://doi.org/10.51876/simtek.v8i1.165
Lestari, D. A. (2022). Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Melalui Platform Youtobe. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 1(1), 98–104. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i1.505
Lestari, N., & Oktarina, S. (2020). Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMK. 16–22.
Meita Sekar Sari, & Muhammad Zefri. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21, 3.
Muiz, M. R., & Fitriani, W. (2022). Urgensi Analisis Kebutuhan Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 5(2), 116–126. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i2.1378
Nasuha. (2021). Jenis-jenis Layanan Bimbingan dan Konseling. Printet OSF, 1(20), 3.
Nur ilma Asmaul Khusna, N. R., & K, F. (2019). Strategi Layanan Bimbingan Konseling Dalam Bimbingan Akademik Di Smp Negeri 1 Purwosari. Al-Isyrof: Jurnal KONSELING, 2(1), 145–154.
Nurochman, H., & Setiawan, M. A. (2019). Peran Konselor Dalam Penanggulangan Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Palangkaraya). Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 14–20. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.620
Pangestu, D. B., Umari, T., & Yakub, E. (2022). Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(5), 1622. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8978
Pramesty, M. P., & Suratno, I. B. (2022). Hubungan Rasa Percaya Diri, Perhatian Guru, Dan Dukungan Teman Sebaya Dengan Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 15(1), 1–10. https://doi.org/10.24071/jpea.v15i1.4601
Prayitno dan Amti E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Guidance, 19(02), 106–120. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2211
Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. jurnal Al-Mau’izhah, 1(September), 70–76. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/8/6/
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualtatif: Jenis Karakteristik dan Keunggulan. PT Grasindo.
Ulfiah, & Jamaluddin. (2022). Bimbingan dan Konseling Realistik Teori dan Praktik. Ebook, 7(1), 254.
Wawancara dengan Nailul Hidayatul Fu’ikah selaku guru Bimbingan Konseling di MA Miftahul Huda Lampung Tengah. (n.d.).
Wicaksono, L. (2012). Bimbingan Dan Konseling Menjawab Tantangan Abad Xxi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.26418/jvip.v1i1.44