Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Pada Bank Syariah Indonesia (BSI)

Authors

  • Sophie Nazwah Irawan Universitas Pembangunan Jaya
  • Hanny Putri Permata Sari Universitas Pembangunan Jaya
  • Mohamad Zein Saleh Universitas Pembangunan Jaya

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi meningkatkan kepuasan pelanggan di Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, penulis mendapatkan hasil bahwasannya strategi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Bank Syariah Indonesia yaitu melalui kualitas pelayanan dan kualitas produk. Hal ini dikarenakan kualitas pelayanan merupakan salah satu tindakan untuk memuaskan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan sebaik-baiknya. Kualitas produk juga menjadi strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan karena ketika sebuah produk sesuai dengan harapan dan keinginan maka konsumen akan merasakan kepuasan.

References

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes. Akmami, 2(2), 204–219.

Daga, R. (2017). Strategi Meningkatkan Kepuasan Nasabah Tabungan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Hasa Mitra Cabang Makassar. AKMEN Jurnal Ilmiah, 14(3), 445–458.

Dzikra, F. M. (2020). Konsumen Pada Bengkel Mobil Ud . Sari Motor Di. Eko Dan Bisnis: Riau Economic And Business Review.

Harjadi, D., & Arraniri, I. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan.

Hidayati, S. N., Rachmawati, E., R, T. S. M., & Kharismasyah, A. Y. (2023). Volume . 19 Issue 1 ( 2023 ) Pages 209-222 INOVASI : Jurnal Ekonomi , Keuangan dan Manajemen ISSN : 0216-7786 ( Print ) 2528-1097 ( Online ) Pengaruh citra merek , harga , kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian The influence of brand . 1(1), 209–222.

Latifah, F. N. (2023). TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH. 6.

Manengal, B. K. J. A. A. Y. P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Bengkel Motor Ando Tombatu. Productivity, 2(1), 42–46.

Saraswati, H., Sudrajat, B., Hidayat, W., Herin, T. M., Rahma, D., Ari, A., Jurusan, K., Syariah, P., Ekonomi, F., Islam, B., Banten, H., Dekan, W., Syariah, J. P., Mata, D., Statistik, K., Jurusan, I., & Hasanuddin Banten, M. (2023). Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Syariah Indonesia (BSI). 1(3), 138–155. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i3.365

Published

2023-12-18

How to Cite

Nazwah Irawan, S. ., Putri Permata Sari, H. ., & Zein Saleh, M. . (2023). Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) . Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 2(2 : Desember), 249–256. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/manekin/article/view/3866