Penerapan Inovasi & Bisnis Model Canvas Pada Usaha Minuman Sarang Burung Walet “Birdnest Joy “
Keywords:
Minuman Sarang Burung Walet, Business Model Canvas, 10 Types Of InnovationsAbstract
Bisnis minuman sarang burung walet “BirdnestJoy” pada saat ini menjadi minuman kesehatan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Minuman sarang burung walet ini terbuat dari air liur burung walet yang mengeras. Minuman sarang burung walet ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bisnis minuman sarang burung walet mengalami pertumbuhan yang cukup pada saat ini perkembangan dunia bisnis menjadi faktor utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan perencanaan dan strategi inovasi pada bisnis sarang burung walet “Birdnest Joy” agar dapat mengembangkan bisnis tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Bird Nest Joy“ dapat menggunakan metode Business model Canvas (BMC) dan 10 Types o f Innovation untuk membuat perencanaan bisnis dan meningkatkan pengembangan bisnis yang pada saat ini mengalami persaingan yang ketat dengan pengusaha lainnya. Inovasi yang dilakukan melalui merubah strategi pemasaran dan bisnis model yang dibuat mengalami penguatan pada aspek pelanggann Customer Engagement, Channel Distribution.
References
Sylvia, V. S. S. (2017). Strategi Bisnis Model dengan pendekatan business model canvas (studi kasus di industri kecil menengah (IKM) bir pletok bu lina di kelurahan ciracas, Jakarta Timur). Journal of Economics and Bussiness Aseanomics, 2(1), 36-51
Osterwalder Alexander dan Pigneur, Yves. (2012). Business Model. Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo
Kurniawan, Aries, dkk (2020). Pengantar Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Edisi Pertama. Sidoarjo: Indomedia Pustaka
Kurniawan, Aries, Beni D. Komara, dkk (2021). Modul Kewirausahaan “Sembilan Elemen Bisnis Model Untuk Pekerja Migran Indonesia. Gresik: UMG press
Komara, B. D., Sucahyo, E., Dkk. (2021). Modul Kewirausahaan : Sukses Memulai Usaha dengan Memahami Pelanggan. UMG Press, Gresik.
Komara, B. D., Setiawan, H. C. B., & Kurniawan, A. (2020). Jalan Terjal UMKM dan Pedagang Kecil Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 dan Ancaman Krisis Ekonomi Global. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 342-359.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Al Hadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.