Analisis Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Nalar Kritis Dan Karakter Siswa
Keywords:
Kurikulum 2013, Nalar Kritis, Karakter, SiswaAbstract
Education is an important component that cannot be ignored, education leads people to better human resources. Education is a place where the character of students is formed. The more developed the times, it is fitting for students or youth to think critically towards superior human resources. as in Law No. 20 of the year concerning the national education system (article 12 paragraph 1) it is stated that education has formal, non-formal and informal channels. This research will focus on formal education and analyze the 2013 curriculum strategy for the formation of critical thinking and student character.
References
Safitri, R. (2019). Berfikir Kritis Menurut Para Ahli dan Penerapannya dalam Proses Keperawatan.
Pertiwi, B. R. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Socrates. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3(7), 269-278.
Wiryanto, W., Ainurrohmah, I., & Yasin, F. N. (2021). KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MASA PEMBELAJARAN ONLINE PANDEMI COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(3), 186-193.
Kual, N. Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik.
Faidin, N. (2019, September). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri I Palibelo. In Seminar Nasional Taman Siswa Bima (Vol. 1, No. 1, pp. 264-270).
dan Kebudayaan, K. P., & Pendidikan, R. B. (2014). Konsep dan implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ibrahim, R. S. (2018). Hak-Hak Keperdataan Anak dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Lex Privatum, 6(2).
Marhaeni, A. A. I. N. (2015). Asesmen autentik dan pendidikan bermakna: implementasi kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(1).
Sartika, A. 2018.pengaruh implementasi kurikulum 2013 terhadap pembentukan karakter peserta didik dalam mata pelajaran PAI di SMA Negri 2 Pinrang.Skripsi Program Sarjana
Institut Agama Islam Negri Pare Pare.
Azhari, Kevin. M. (2019).Pembentukan Karakter Siswa sebagai bentuk implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Penddikan Agama Islam kelas X di SMK Setiabudhi Semarang.SKRIPSI Program Sarjana Universitas Negri Semarang.
Setiadi, Y. 2015. Implementasi kurikulum 2013 dalam pendidikan karakter peserta didik SMP IT Nurul Hikmah Jakarta Timur.SKRIPSI Program sarjana Universitas Islam Negri Hidayatullah Jakarta.