Implementasi Kecerdasan Buatan Dengan Logika Fuzzy Pada Aspek Pendidikan Dalam Menentukan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Haryo Dwi Prasetyo Universitas Pamulang
  • Wahyu Syhabudin Universitas Pamulang
  • Ade Nuryana Universitas Pamulang
  • Iin Yunarsih Universitas Pamulang
  • Perani Rosyani Universitas Pamulang

Keywords:

Pendidikan, ai, kecerdasan buatan, fuzzy

Abstract

Pendidikan diindonesia sudah berkembang sejak lama, baik yang negeri maupun yang swasta. pendidikan juga sudah mengalami banyak perubahan yang dulunya guru menulis dipapan tulis pakai kapur sekarang udah pakai spidol atau bahkan sudah pakai proyektor, tinggal mengetik di laptop .penerapan kecerdasan buatan pun sudah banyak dilakukan di aspek pendidikan, hal tersebut bisa mempermudah guru dalam mengajar dan siswapun lebih bisa menyerap ilmunya. Logika fuzzy merupakan konsep dasar dari system  fuzzy yang  bisa digunakan untuk melaksanakan perhitungan terhadap suatu variable input berdasarkan value kesamaran. Dalam teori himpunan samar dinyatakan dalam derajat keanggotaan dan derajat dari kebenaran sehingga sesuatu bisa dikatakan sebagai benar dan sebagai salah dalam kurun waktu bersamaan. Prestasi harus selalu meningkat seiring berjalannya waktu supaya tidak ketinggalan zaman, maka dari itu pendidikan harus selalu ditingkatkan, salahsatunya dengan kecerdasan buatan.

References

(Susanti & Bahri, 2021)Aryansah. (2015). Implementasi Logika Fuzzy Untuk Penentuan Peminatan dengan Menggunakan Metode Sugeno pada Sma N 1 Pemali. Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi, 2(1), 1–8.

Irawan, M. D., & Herviana, H. (2019). Implementasi Logika Fuzzy Dalam Menentukan Jurusan Bagi Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 1 Air Putih. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 129. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.427

Munawaroh. (2018). Analisa Dan Penerapan Fuzzy Inference System Metode Mamdani. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(1), 23–28.

Susanti, P., & Bahri, S. M. (2021). Penerapan Fuzzy Mamdani Dalam Pemilihan Murid Teladan Pada Sekolah Paud Harmony Kotawaringin Timur. Journal of Information System Research, 2(2), 178–186.

Vinsensia, D. (2019). Penentuan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Fuzzy Mamdani. 2(April 2018), 47–51.

(Muntahanah et al., 2021)Azzahra, F., Nurhayati, N., & ... (2020). Implementasi Fuzzy Dalam Menentukan Dampak Belajar Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Komik …, 4, 62–67. https://doi.org/10.30865/komik.v4i1.2588

Muntahanah, M., Handayani, S., & Lidia, L. (2021). Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Penentuan Strategi Belajar Siswa Pada Persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pseudocode, VIII(September). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode/article/download/15009/8872

Susanti, P., & Bahri, S. M. (2021). Penerapan Fuzzy Mamdani Dalam Pemilihan Murid Teladan Pada Sekolah Paud Harmony Kotawaringin Timur. Journal of Information System Research, 2(2), 178–186.

Published

2022-09-30

How to Cite

Dwi Prasetyo, H. ., Syhabudin, W. ., Nuryana, A. ., Yunarsih, I. ., & Rosyani, P. . (2022). Implementasi Kecerdasan Buatan Dengan Logika Fuzzy Pada Aspek Pendidikan Dalam Menentukan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 1(1 : September), 20–23. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/manekin/article/view/1316

Most read articles by the same author(s)