Analisis Kendala Pemanfaatan E-Commerce dalam Pengembangan Produktivitas Usaha Perbelanjaan
Analisis Kendala Pemanfaatan E-Commerce dalam Pengembangan Produktivitas Usaha Perbelanjaan
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis atau mengkaji penerapan e-commerce bagi para pelaku usaha perbelanjaan di Indonesia khususnya untuk kendala-kendala yang kerap dihadapi hingga saat ini. Penulisan artikel menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data dengan metode literature review yang didapatkan dari jurnal ilmiah maupun penelitian terdahulu lainnya yang selaras. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan memperhatikan teori dan kondisi nyata yang terjadi. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan e-commerce. Kendala pertama yaitu belum adanya standart baku yang mengatur mutu e-commerce dalam hal keamanan, kehandalan pembangunan sistem, permasalahan bandwith, serta kriteria spesifikasi dari web server. Permasalahan selanjutnya yaitu infrastruktur termasuk di dalamnya jaringan internet dan adanya kendala logistik terkait dengan dengan pengiriman barang yang masih kerap kali mengalami keterlabatan cukup lama. Dalam mengembangkan transaksi e-commerce, tantangan yang dihadapi pemerintah adalah meningkatkan keamanan dan perlindungan konsumen, logistik dan infrastruktur, serta perpajakan transaksi elektronik.
References
Firmansyah, A. (2017). Kajian Kendala Implementasi E-Commerce di Indonesia. Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi. 8(2) : 127-136.
Julisar dan Miranda, E. (2013). Pemakaian ECommerce Untuk Usaha Kecil Dan Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing. ComTech, 4(2) : 638 - 645.
klikkonsul. (2016). Mampukah UU ITE Menjawab Tantangan Perkembangan E-Commerce di Indonesia? Artikel dikutip dari https://dailysocial.id/post/mampukah-uu-itemenjawab-tantangan-perkembangan-ecommerce-di-indonesia diakses pada tanggal 9 November 2022
Chandra, W. and Wirapraja, A. (2020) ‘The Effect of Application Usability , Service Quality , and E- Satisfaction on Purchase Intention of GoFood Customers’, Indonesian Journal of information Systems, 3(1) : 38–49.
Wirapraja, A., dan H. Aribowo. (2020). Studi Literatur Mengenai Tantangan E-Business Dalam Memastikan Aspek Keberlanjutan Produktivitas Perusahaan. Jurnal Eksekutif. 17(2) : 212-232
Maulana, P. (2022). Kegagalan Layanan E-Commerce dan Perubahan Pengalaman Pada Perilaku Beralih Konsumen. Yogyakarta : Program Studi Magister Akuntansi Universitas Gajah Mada
Nurdiansyah, A., A. S. Pratiwi, dan B. N. Kaunaini. 2022. Literature Review Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kepuasan Terhadap E-Commerce. Jurnal Ilmu Multidisiplin. 1(1) : 297-303
Sari, P. N. I. (2020). Pengaruh Brand Ambassador, Kepercayaan Dan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee Oleh Mahasiswa Di Pekanbaru. Skripsi. Riau : Universitas Islam negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Pradana, M. (2015). Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce. Jurnal Neo-Bis, 9(2) :32–40.
Kurnia, I. dan I. Martinelli. (2021). Permasalahan Dalam Transaksi E-Commerce. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. 4(2) : 343-350
Bachtiar, R. A. (2020). Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan Dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik. 11(1) : 13-25
UNCTAD. (2015). Information economy report: Unlocking the potential e-commerce for developing countries. Diperoleh tanggal 9 November 2022, dari http://unctad.org/en/ PublicationsLibrary/ier2015_en.pdf
Tone, K. (2020). A digital e-commerce approach for optimizing economic equality in Indonesia. International Journal of Advance Science and Technology, 29(6), 532-537.