Studi Ekplorasi Perkembangan Kognitif Anak Terhadap Peran Pendidikan Ibu Tunggal Di Lombok Timur
Keywords:
Perkembangan Kognitif, Pendidikan, Ibu TunggalAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan kognitif anak pada ibu tunggal dan mengeksplorasi pengaruh pendidikan ibu tunggal dalam peran untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak di rumah di Kecamatan Selong, Lombok Timur. Indonesia. Aspek-aspek yang ditinjau adalah tahapan perkembangan kognitif bidang matematika anak usia dini dan sains anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif. Sampel survei terdiri dari 100 ibu tunggal terpilih dari 27 taman kanak-kanak di Selong, Lombok Timur, Indonesia. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kuantitatif adalah dengan menggunakan kuisioner. Temuan menunjukkan bahwa tingkat perkembangan kognitif anak secara keseluruhan berada pada tingkat yang tinggi (mean=3,70). Pendidikan ibu tunggal tercatat tingkat tinggi (mean = 3,52). Selanjutnya, analisis korelasi menunjukkan hubungan positif yang kuat (r = 0,638) antara perkembangan kognitif anak dengan pendidikan ibu tunggal di rumah. Analisis anova menemukan nilai p = .645 menunjukkan faktor pendidikan ibu tunggal di Rumah mempengaruhi perkembangan kognitif anak.
References
Creswell, J. W. (2014). Research design qualitative, quantitative, and mixed method approaches, fourth edition. U.S.A.: Sage Publication Inc.
Daniel. J. (2012). Sampling essential. London: Sage Publication.
Fatimah, E. R. (2022). Peran orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Desa Kedung Agung Kabupaten Purworejo. Research in Early Childhood Education and Parenting, 3(1).
Hidayat, S., & Nur, L. (2018). Nilai Karakter, Berpikir Kritis dan Psikomotorik Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS. Vol.13 (1), 29–35.
Jamiah, J. (2021). Penguatan Pola Asuh Orang Tua bagi Perkembangan Kognitif Anak di Desa Guci Kecamatan Sirampog. Jurnal kependidikan, 9(2), 221-235.
Laksana, D. N. L., Jau, M. Y., & Ngonu, M. R. (2021). Aspek perkembangan kognitif anak usia dini. ASPEK Perkemb. Anak Usia Dini, 8.
Manik, L. N., Rabbani, M., Rezki, S. S., & Siregar, M. (2022). Survei Pentingnya Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Emas, 2(1), 31-40.
Nur, L., Mulyana, E.H., & Perdana, M.A. (2017). Permainan Bola Kecil untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK Pertiwi DWP Kota Tasikmalaya.Jurnal PAUD AGAPEDIA, 1(1), 53-65.
Prayogi, A., & Kurniawan, M. A. (2024). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif: Suatu Telaah. Complex: Jurnal Multidisiplin Ilmu Nasional, 1(2), 30-37.
Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2), 68-77.
Sarinastitin, E. (2019). Pendidikan holistik integratif untuk pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 95-102.
Wulandari, H., Asiah, D. H. S., & Santoso, M. B. (2021). Pengawasan orangtua terhadap anak usia prasekolah dalam menggunakan gawai. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(1), 46-55.