Bot Sistem Rekomendasi Webtoon Dengan Metode User-Collaborative Filtering Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN)

Authors

  • Deanna Durbin Hutagalung Universitas Pamulang
  • Cholis Hanifurohman Universitas Pamulang
  • Debby Rahadian Baskhara Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Rekomendasi, Bot, Webtoon, User Collaborative Filtering, K-Nearest Neighbors

Abstract

Webtoon merupakan perpaduan kata dari ‘web’ dan ‘cartoon’, yang diartikan kartun atau komik yang dapat dinikmati secara online. Webtoon memiliki website dengan nama Line Webtoon tetapi juga memiliki aplikasi yang sudah di download sekitar 100 juta an pengguna play store dengan rating 4,8 dari 5 bintang dengan 2.716.817 ulasan pada aplikasinya. Webtoon memiliki banyak genre dan ratusan judul yang ditulis oleh beberapa penulis dari berbagai negara. Cerita pada Line Webtoon banyak yang sudah lama tetapi webtoon baru juga banyak bermunculan dengan berbagai genre sehingga membuat para pengguna bingung untuk memilih. Webtoon meiliki tiket harian secara gratis untuk 1 episode (bab) setiap harinya untuk para pembaca, apabila sudah habis maka dapat menggunakan koin berbayar. Jika pengguna tidak dapat menentukan webtoon yang akan dibaca secara tepat maka tiket harian akan hangus, demikian juga koin akan terbuang sia-sia. Penelitian ini bertujuan untuk membangun bot sistem rekomendasi yang dapat melakukan proses pemilihan webtoon yang sesuai dengan keinginan pengguna. Metode yang digunakan yaitu User-Based Collaborative Filtering dengan algoritma K-Nearest Neighbors. Hasil penelitian ini berupa bot sistem rekomendasi Webtoon yang dapat membantu para pembaca dalam menentukan Webtoon yang ingin dibaca dengan cepat dan akurat. Dengan demikian tiket harian tidak terbuang dengan percuma, dan juga menghemat koin berbayar.

References

(Agustian, E. R., Munir, & Nugroho, E. P. (2020). Sistem Rekomendasi Film Menggunakan Metode Collaborative Filtering dan K-Nearest. 3(1), 18–21.

Aisha, D., & Kusumawati, R. (2022). IMPLEMENTASI METODE ALGORITMA COLLABORATIVE FILTERING DAN K-NEAREST NEIGHBOR PADA SISTEM REKOMENDASI ECOMMERCE. JURNAL ILMIAH SISTEM INFORMASI DAN ILMU KOMPUTER, 2(3), 14.

Berlian, M. (2021). Development of Webtoon non-test instrument as education media. 10(1), 185-192. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21007

Chandra, D. A., Santosa, F., & Wahyudi, S. (2021). Penerapan metode item based collaborative filtering berbasis web pada recommender system laptop. Engineering And Technology International Journal, 3(2), 125–132. https://doi.org/10.55642/eatij.v3i02

Febriyanti, A., & Ekomila, S. (2024). FENOMENA CERITA ALTERNATIVE UNIVERSE ( AU ) BERTEMA HOMOSEKSUAL DI MEDIA SOSIAL TWITTER ( STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA AKUN BASE @ aubxbfess ) Al-Mabsut PENDAHULUAN Masyarakat Indonesia khususnya lagi para remaja sangat menggemari cerita fiksi . Hal terse. 16(2), 1-14. https://doi.org/10.56997/almabsut.v16i2.686

Hartatik, Nurhayati, S. D., & Widayani, W. (2021). Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner di Yogyakarta dengan Metode Item-Based Collaborative Filtering. 1(2), 55–63.

Khairina, N., Tri, T., Sibarani, S., & Muliono, R. (2022). JITE ( Journal of Informatics and Telecommunication Engineering ) Identification of Pneumonia using The K-Nearest Neighbors Method. 5(January), 563–569.

Kinasih, F. S., Srirahayu, A., & Susanto, R. (2024). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Hari Ponsel Menggunakan Metode User-Based Collaborative Filtering. 4(3).

Kurniawan, Y. I., & Barokah, T. I. (2020). Klasifikasi Penentuan Pengajuan Kartu Kredit Menggunakan K-Nearest Neighbor. 22(1), 73–82.

Lenardo, G. C., Herianto, & Irawan, Y. (2020). Pemanfaatan Bot Telegram sebagai Media Informasi Akademik di STMIK Hang Tuah Pekanbaru. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(4), 351–357. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i4.59

Maulana, M. I. (2021). Implementasi Bot Telegram pada Proses Retrieval Data dalam Database. Indonesian Journal of Data and Science, 2(1), 13–20. https://doi.org/10.33096/ijodas.v2i1.24

Musyrifah, Sulfayanti, Ap, I., Asmawati, & Zulkarnaim, N. (2022). Sistem Rekomendasi BerbasisKonten Untuk Pengembangan Web Smart Tourism. 8(1), 143–150.

Rahmatullah, D., Suryani, E., Fatmawati, Merdekawati, A., & Yahya, F. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATERI KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 PLAMPANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. 1(4), 179–186.

Sakinah, N., & Hendriana, B. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-comic pada materi sistem persamaan linear dua variabel. 7(1), 225–234.

Wahono, A. R., Saputra, B. A., & Rahman, F. F. (2024). Sistem Rekomendasi Film Menggunakan Metode Content-Based Filtering dan Algoritma K-Nearest Neighbors ( KNN ). 1–6.

Wicaksono, D., Dwikurnaningsih, Yari, & Setyorini. (2022). PENGEMBANGAN PRODUK MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA BAGI SISWA SMA DI KOTA SALATIGA. 16(1978), 7883–7896.

Yuliani, M., & Hutagalung, D. D. (2023). Sistem Rekomendasi Webtoon dengan Menggunakan Metode Content-Based Filtering. 2(11), 2959–2964.

Zakiyah, Z., Arisandi, M., Oktora, S. D., Hidayat, A., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Media Komik Digital Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis. 6(5), 8431–8440.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Deanna Durbin Hutagalung, Cholis Hanifurohman, & Debby Rahadian Baskhara. (2024). Bot Sistem Rekomendasi Webtoon Dengan Metode User-Collaborative Filtering Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN). LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(4), 751–758. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4511