Perancangan Sistem Rekomendasi Coffee Shop Di Sekitar Universitas Muhammadiyah Surakarta Menggunakan Metode Collaborative Filtering

Authors

  • Ilham Tristadika Saputra Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Widhi Ariyanto Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ray Valentino Pradana Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Muhammad Irfan Ardiansyah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Abdullah Aji Prajanto Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Kedai Kopi, Surakarta, Collaborative Filtering, Sistem Rekomendasi, Preferensi Pengguna, Pengalaman Pelanggan, Desain Antarmuka

Abstract

Indonesia telah mengalami peningkatan signifikan dalam popularitas kedai kopi, terutama di daerah seperti Surakarta, yang telah menjadi pusat ekonomi dan budaya. Kedai kopi di Surakarta kini berfungsi sebagai tempat bekerja, belajar, dan bersosialisasi. Namun, dengan banyaknya pilihan, pelanggan sering kesulitan memilih kedai kopi yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem rekomendasi kedai kopi menggunakan metode collaborative filtering. Survei menggunakan kuesioner dilakukan pada pengunjung kedai kopi di sekitar Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mengumpulkan data preferensi. Data dari tiga pengguna dianalisis untuk menghitung nilai similarity, yang kemudian digunakan untuk memberikan rekomendasi. Hasil menunjukkan bahwa beberapa kedai kopi mendapatkan nilai rekomendasi tertinggi. Meskipun sistem ini masih dalam tahap perancangan, penelitian ini menunjukkan potensi penggunaan collaborative filtering untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam memilih kedai kopi di Surakarta. Desain antarmuka yang user-friendly juga dikembangkan untuk memudahkan pengguna melihat rekomendasi.

References

Ferreira, J., Ferreira, C., & Bos, E. (2021). Spaces of consumption, connection, and community: Exploring the role of the coffee shop in urban lives. Geoforum, 119, 21–29. https://doi.org/10.1016/j.geoforum.2020.12.024

Gautama Himawan, A., & Rahadi, R. A. (2020). CUSTOMER PREFERENCES ON COFFEE SHOP CONSUMPTIONS: A CONCEPTUAL MODEL. Advanced International Journal of Business, Entrepreneurship and SMEs (AIJBES), 2(3), 19–32. https://doi.org/10.35631/AIJBES.23003

H. Nurhayati-Wolff. (2024). Coffee market in Indonesia- statistics & facts | Statista. https://www.statista.com/topics/6546/coffee-market-in-indonesia/#topicOverview

Islamiyah, M., Subekti, P., Dwi Andini, T., & Asia Malang, S. (2019). Pemanfaatan Metode Item Based Collaborative filtering Untuk Rekomendasi Wisata Di Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2).

Maulana, R. R., Cahyono, U. J., & Muqoffa, M. (2021). Spatial distribution in the emergence of coffee shops in Surakarta. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 778(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/778/1/012031

Mubarak, A., Metro, J. J., & Selatan, K. T. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI WEB SEKOLAH MENGGUNAKAN UML (UNIFIED MODELING LANGUAGE) DAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP (PHP HYPERTEXT PREPROCESSOR) BERORIENTASI OBJEK. In Jurnal Informatika dan Komputer) Ternate, Vol. 02, Issue 1.

Munawar. (2018). Analisis perancangan sistem berorientasi objek dengan UML (unified modeling language). Penerbit Informatika Bandung.

Pamuji, A. (2017). SISTEM REKOMENDASI KREDIT PERUMAHAN RAKYAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE COLLABORATIVE FILTERING.

Wiputra, K. G. D., Arisena, G. M. K., & Djelantik, A. A. A. W. S. (2022). The Influence of Brand Ambassador, Brand Image, Product Quality, and Price on Purchasing Decisions at Rumah Kopi Renon. Agribusiness Journal, 5(1). https://doi.org/10.31327/aj.v5i1.1721

Wira, D., Putra, T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. 7(1).

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Tristadika Saputra, I. ., Ariyanto, W. ., Valentino Pradana, R. ., Irfan Ardiansyah, M. ., & Aji Prajanto, A. . (2024). Perancangan Sistem Rekomendasi Coffee Shop Di Sekitar Universitas Muhammadiyah Surakarta Menggunakan Metode Collaborative Filtering. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(4), 687–695. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4319