Sistem Rekomendasi Film Indonesia Menggunakan Metode Content-Based Filtering
Keywords:
Sistemi Rekomendasi, Film Indonesia, Content-Based Filtering.Abstract
Berbagai platform digital sekarang memiliki sistem rekomendasi yang membantu user menemukan konten yang sesuai dengan yang diinginkan. Dalam artikel ini, Sistem rekomendasi film Indonesia dibuat dengan metode content-based filtering. Metode ini menganalisis elemen film seperti genre, sutradara, aktor utama, dan deskripsi. Tujuannya adalah untuk memberikan rekomendasi yang relevan kepada user berdasarkan daftar film yang telah mereka tonton dan sukai. Dengan memanfaatkan data dari berbagai film Indonesia, sistem ini mampu mengidentifikasi pola dan kesamaan antara film-film yang ada, untuk menyarankan film-film baru yang diminati oleh pengguna. Hasilipengujian menunjukkan bahwa teknik ini efektif dalamimemberikan rekomendasi yang sesuai dengan preferensi pengguna dan menghasilkan kepuasan pengguna yang tinggi. Implementasi sistem rekomendasi berbasis konten ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman menonton pengguna dan mendorong eksplorasi terhadap film-film Indonesia yang mungkin belum dikenal secara luas.
References
Angga, D. M. P. (2022). Analisis Isi Film “The Platform.” Journal of Digital Communication and Design (JDCODE), 1(2), 127–136.
Arief, A., Widyawan, & Sunafri Hantono, B. (2012). Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Pariwisata Mobile dengan Menggunakan Metode Collaborative Filtering dan Location Based Filtering. Jnteti, 1(3). http://ejnteti.jteti.ugm.ac.id/index.php/JNTETI/article/view/129
Hasibiuan, R. Y. (2021). Desain Web Rekomendasi Musik Berdasarkan Pengelompokan. Barik, 2(2), 57–71. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/41064
Prasetyo, B., Atina, V., & Purwanto, E. (2021). Sistem Rekomendasi Pariwisata Dengan Metode Content Based Recommendation Berbasis Website (Studi Kasus: Dinas Pariwisata Dan Budaya Surakarta). DutaCom, 14(1), 51–58. https://doi.org/10.47701/dutacom.v14i1.2017
Putra, G. R. (2022). Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Gaming Menggunakan Metode Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Jurnal Ilmiah Computer Science, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.58602/jics.v1i1.5
Putri, D. A., Pramesti, D., I, D., & Santiyasa, W. (2022). Penerapan Metode Content-Based Filtering dalam Sistem Rekomendasi Video Game. Jnatia, 1(1), 229–234.
Putri, H. D., & Faisal, M. (2023). Analyzing the Effectiveness of Collaborative Filtering and Content-Based Filtering Methods in Anime Recommendation Systems. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 7(2), 124–133. https://doi.org/10.31603/komtika.v7i2.9219
Ramadhan, J. A., Haniva, D. T., & Suharso, A. (2023). Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall, Agile, dan Hybrid. JIEET : Journal Information Engineering and Educational Technology, 07(01), 36–42. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jieet/article/view/21941
Saputra, R. A., & Komputer, I. (2024). PENERAPAN TEKNIK MACHINE LEARNING DALAM SISTEM REKOMENDASI E-COMMERCE. 1(4), 1–15.
Sugiarto, & Syech Abu Bakar, N. P. (2023). Kepuasan Pelanggan terhadap Aplikasi Over The Top (OTT): Studi pada Vision+. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 14(1), 50–62. https://doi.org/10.35814/coverage.v14i1.5331
Sulianta, F., & Iqbal, M. (2024). Rekomendasi Anime Menggunakan Algoritma Apriori Berdasarkan Pola Perilaku Audiensi. March, 1–7.
Zayyad, M. R. (2021). Content Based Filtering Content Based Filtering. 44.