Peningkatan Kompetensi Guru Tentang Kemampuan Abad 21 Pada SMK Pembangunan Nasional Bekasi

Authors

  • Misbah Fikrianto Universitas Islam As-Syafi’iyah

Keywords:

Kompetensi, Guru, Kemampuan Abad 21

Abstract

Peningkatan kompetensi guru merupakan kegiatan yang dilakukan secara terencana dan berkelanjutan. Guru merupakan sumber daya manusia yang sangat penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Salah satu kegiatan peningkatan kompetensi guru yaitu dengan melaksanakan Pelatihan. Pelatihan dilakukan secara interaktif dengan melihat kebutuhan guru. Pada saat awal, analisis kebutuhan guru yang yang didapatkan, yaitu 79% guru memiliki hambatan dalam menguasai kemampuan abad-21. Kemampuan abad 21 diantaranya: Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Komunikasi, dan Kolaborasi. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Pembangunan Nasional Kota Bekasi. Peserta pelatihan ini berjumah 15 orang. Komponen peserta terdiri dari 12 Guru, 1 Kepala Sekolah, dan 2 Tenaga Kependidikan. Berdasarkan hasil pengamatan peserta mendapatkan manfaat kegiatan sebesar 85%. Peserta mendapatkan perubahan pemahaan sebesar 90%. Kegiatan ini memberikan manfaat pada peningkatan kompetensi guru dan kemampuan soft skill dalam pembelajaran. Peserta kegiatan berharap untuk dilakukan tindaklanjut kegiatan dengan lebih luas lagi. Kegiatan ini dilakukan secara luring dalam ruangan kelas dan menggunakan bahan interaktif serta melakukan diskusi.

References

Akhmad Sudrajad (2007) Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah artikel diakses dari www.akhmadsudrajad.wordpress.compada tanggal 30 Maret 2024

Moh. Uzer Usman. (2004) Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. E. (2005) Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya

Heryani Sulis, K. ., Juwita Zuraida, D. ., & Fikrianto, M. . (2024). Penyuluhan Mengenai Inovasi Mengajar Dan Membangun Kelas Yang Menyenangkan Untuk Guru . AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 54–58. Retrieved from: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/4039

FikriantoM. and SusantoA., “The Relationship Between Student Perceptions In Utilizing Obs Video Media And Student Motivation To Learning Outcomes”, akademika, vol. 12, no. 01, pp. 139-151, Jun. 2023.

FikriantoM., & HaryatiH. (2023). Efforts To Improve Speaking Learning Outcomes And Students’ Interest In Learning Through Demonstration Method In English Subjects

Fikrianto, dkk, ASEAN Students' Interest in Learning the Indonesian Language: A Descriptive Study from the Perspective of SEAMEO ASEAN. 2024. https://doi.org/10.26858/ijole.v7i4.59491

https://www.ruangkerja.id/blog/kompetensi-pembelajaran-abad-21, diakses, 30 Maret 2024

Soetjipto Raflis Kosasi (1999) Profesi Keguruan Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Fikrianto, M. . (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Tentang Kemampuan Abad 21 Pada SMK Pembangunan Nasional Bekasi. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(3), 524–528. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4083