Hubungan Penggunaan Media Gadget Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di SMP Depok

Authors

  • Misbah Fikrianto Universitas Islam As-Syafi’iyah

Keywords:

Penggunaan Media Gadget, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Hubungan Penggunaan Media Gadget Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di SMP Depok: Misbah Fikrianto dan Jaenal Abidin, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan-Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah 1) Hubungan Penggunaan Media Gadget terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di SMP Bojong sari Depok , 2) Hubungan Motivasi Belajar secara Bersama-sama dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di SMP Bojong sari Depok, 3) Hubungan Penggunaan Media Gadget Dan Motivasi Belajar secara Bersama-sama dalam Meningkatkan Hasil Belajar di SMP Bojong sari Depok. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitafif, dengan metode survey dan teknik korelasional, metode yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antar variabel yang diteliti dan hubungan antar variabel yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Bojongsari di Kota Depok yang berjumlah 558 siswa kelas VII di SMP Muara Ilmu, SMP Al-Maarif dan SMP Darul Ulum. Adapun pengambilan sampel dengan menggunakan sampling total. Intrumen nya terdiri dari tiga: 1) Instrumen untuk hasil belajar bahasa indonesia, 2) Instrument untuk pengguunaan mediaberbasis gadjet, dan 3) Instrument untuk mengukur motivasi belajar. Hasil penelitian 1) Terdapat hubungan positif antara Penggunaan media berbasis Gadjet dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII  46,8% 2) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII 58,4%. 3) Terdapat hubungan positif antara Penggunaan media berbasis Gadjet dan motivasi belajar bersama-sama dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII. 48,8%.

References

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Ananda, R. (2017). Perkembangan Teknologi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 7(1), 69–83.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Darmawan, D. (2019). Kontribusi Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Kelas V SD Negeri 4 Kabupaten Sinjai [Disertasi]. Universitas Negeri Makassar.

Darmayanti, M. I. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7e Terhadap Motivasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Menyimak (Listening). Jurnal Pendidikan, 1(10), 1–10.

Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. IKIP Semarang Pres.

Djamarah, Bahri, S., & Aswan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke). Rineka Cipta.

Efendi, M. F. (2014). Pengaruh Gadget Terhadap. Efendi, Muhammad Fuad.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fikrianto M., & SusantoA. (2023). THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENT PERCEPTIONS IN UTILIZING OBS VIDEO MEDIA AND STUDENT MOTIVATION TO LEARNING OUTCOMES. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(01), 139-151. https://doi.org/10.34005/akademika.v12i01.2733

FikriantoM., & HaryatiH. (2023). EFFORTS TO IMPROVE SPEAKING LEARNING OUTCOMES AND STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING THROUGH DEMONSTRATION METHOD IN ENGLISH SUBJECTS. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(02), 495-504.

Gusnawati, Anwar, B., & Hasnawati. (2019). Engaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Sawerigadi. Jurnal Penelitian Pendididikan Matematika, 7(1), 57–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v7i1.8247

Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. (2017). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sma Negeri 2. JURNAL Untuk Mu NegeRI.

Khasanah, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media E-Learning Berbasis Moodle Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan. Akademika, 8(1). https://www.researchgate.net/profile/Khasanah-Rcl/publication/337931799_Pengaruh_Penggunaan_media_e-learning_berbasis_moodle_dan_minat_belajar_terhadap_hasil_belajar_prakarya_dan_kewirausahaan/links/5df4ebe692851c83647ccdfb/pengaruh-penggunaan-media-e-lea

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 78–84. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/78

Lestari, T. I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII SMP Pasundan 2 Bandung [Disertasi]. UNPAS.

Lie, A. (2005). Cooperative Learning. Grasindo.

Martaulina, S. D. (2018). Bahasa Indonesia Terapan. Deepublish.

Mudjiono, D. dan. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Asdi Mahasatya.

Munawar, Dan Amsal Amiri, M. pd. (2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Volume 3, Nomor 3, Agustus 2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah.

Downloads

Published

2024-02-13

How to Cite

Fikrianto, M. . (2024). Hubungan Penggunaan Media Gadget Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di SMP Depok. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(2), 462–475. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/4024