Analisa Perbandingan Kinerja Jaringan 4G LTE Pada Provider Telkomsel Dan Indosat Menggunakan Metode Drive Test

Authors

  • Yolen Perdana Sari Universitas Pamulang
  • Shelvi Eka Tassia Universitas Pamulang

Keywords:

4G LTE, Kualitas Jaringan, Provider, Drive Test, QoS

Abstract

Di Indonesia jaringan komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga menimbulkan persaingan bisnis antarprovider. Oleh sebab itu provider dituntut untuk memaksimalkan kualitas serta kuantitas yang lebih baik dengan memperhatikan beberapa hal yaitu seberapa luas cakupan (coverage) antena, ketersediaan kapasitas dari suatu jaringan, tingkat keberhasilan dalam video streaming, dan kualitas sinyal dari layanan jaringan. Banyak operator provider yang mengklaim bahwa kecepatan internet mereka yang terbaik, tetapi penerapan dan kemampuan jaringan 4G LTE (Fourth Generation Long Term Evolution) yang dimiliki tiap operator seluler tidaklah sama. Perbedaan tersebut tak hanya meliputi cakupan wilayah yang telah terlayani dengan jaringan 4G, tapi juga kecepatan data maksimal yang bisa diakomodasi tiap operator seluler serta kinerja jaringan sesungguhnya yang dirasakan konsumen di lapangan. Meskipun pihak operator layanan seluler terus berusaha meningkatkan cakupan jaringan 4G di Indonesia, namun pada praktek nya dikota-kota besar, belum semua wilayah dapat menggunakan jaringan 4G. Ketidak merataan pelayanan jaringan 4G ini banyak dikeluhkan oleh pengguna. permasalahan yang dikeluhkan pelanggan, diantaranya yaitu sinyal yang diterima tidak stabil, akses data yang susah tersambung, dan kegagalan koneksi, maka dari itu akan dilakukan penelitian supaya mengetahui nilai beberapa parameter pada jaringan 4G LTE seperti RSRP (Reference Signal Receive Power), SINR (Signal Interference to Noise Ratio) dan Troughtput. Padahal tingkat kepuasan akan kualitas layanan jaringan 4G sangat berpengaruh terhadap kinerja positif keuangan operator seluler itu sendiri. Dari permasalahan diatas, perlu adanya pengukuran dan analisa jaringan telekomunikasi sebagai antisipasi pemilihan penyedia layanan telekomunikasi yang sesuai dengan yang diharapkan oleh penggunanya. Metode pengukuran yang dilakukan untuk menganalisa kualitas jaringan 4G ini adalah dengan menggunakan Drive Test. Metode Drive Test merupakan suatu kegiatan mengambil data (collecting) dari sebuah jaringan network dengan menggunakan software dan hardware tertentu. Dari data yang telah diperoleh tersebut kemudian dioleh untuk menganalisis QoS (Quality of Service). Parameter yang digunakan untuk menganalisis kualitas jaringan tersebut adalah RSRP, SINR dan Throughput. Dari hasil penelitian didapatkan secara keseluruhan sinyal data seluler yang paling baik kualitasnya adalah Telkomsel.

References

Hasanah (2010). “Perkembangan Teknologi Komunikasi Seluler Global System For Mobile communication (GSM)”. Jurnal Elektronika Telekomunikasi & Computer, 4(2). 637-649.

Ghassan A. Abed, Mahamod Ismail, Kasmiran Jumari (2012). "The Evolution to 4G Cellular Systems: Architecture and Key Features of LTE-Advanced Networks", International Journal of Computer Networks and Wireless Communications, Vol. 2(1), Pp. 21-26.

Singh Kumar, R., and Singh, Ranjan. “4G LTE Cellular Technology: Network Architecture and Mobile Standards”. International Journal of Emerging Research in Management &Technology ISSN: 2278-9359 (Volume-5, Issue-12)

Dheeraj P. Parab (2016). "Functional Architecture of 4G Wireless Technologies", International Journal of Advanced Research in Computer Engineering & Technology, Vol. 5(6), Pp. 1726-1731.

Stallings, William, (2007), “Komunikasi dan Jaringan Nirkabel”, Prinsip –prinsip Jaringan Seluler, vol. 2, hal 38 – 41.

Imanuel Eduardus Manon (2018). Optimasi Jaringan 3G Berdasarkan Drive Test PT. Nexwave Di Kedungwuni Pekalongan. Semarang: Universitas Semarang.

Latifah Hidayati (2020). Analisa Kualitas Jaringan 4G LTE Untuk Provider H3I Berdasarkan Parameter Drive Test Menggunakan Software Genex Probe 5.1 Di Kota Purwokerto. Semarang: Universitas Semarang.

Slamet Pranoto (2015). Buletin PT. Telekomunikasi Seluler. Pengukuran Performansi Jaringan 4G LTE.Oktober 2015, Jakarta

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Perdana Sari, Y. ., & Eka Tassia, S. . (2024). Analisa Perbandingan Kinerja Jaringan 4G LTE Pada Provider Telkomsel Dan Indosat Menggunakan Metode Drive Test. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(2), 345–358. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3964