Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan Sistem CRM, Cash Flow, dan Management Stock Inventory Pada Aplikasi Krealogi

Authors

  • Yuda Samudra Universitas Pamulang
  • Nanang Universitas Pamulang

Keywords:

Design Process, Design Thinking, Design System, UI/UX Design, Skala Likert

Abstract

Krealogi merupakan aplikasi yang bertujuan mendukung UMKM dalam mendukung perkembangan era digital. Krealogi memiliki beberapa layanan seperti pengelolaan barang, pengelolaan pesanan, dan pencatatan transaksi baik dari pemasok hingga pembeli. Saat ini Krealogi memiliki beberapa keterbatasan berupa belum adanya sistem Customer Relationship Management (CRM) untuk pengelolaan data pelanggan baik yang sudah menjadi pelanggan maupun calon pelanggan baru, belum adanya pencatatan arus kas keluar masuk, hingga belum adanya manajemen persediaan barang. Penyelesaian masalah menggunakan Proses Desain dengan pendekatan metode Design Thinking untuk mempelajari kebutuhan pengguna. Dalam proses Design Thinking, adanya beberapa tahapan seperti Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Seluruh proses tersebut dilakukan sebelum menentukan komponen perbaikan dalam aplikasi. Juga adanya proses Design System untuk membantu menentukan kebutuhan komponen pada antarmuka desain yang dapat digunakan dengan tujuan pemakaian berulang (reusable) dengan pendekatan Atomic’s Design. Pada tahapan validasi atau testing terhadap hasil pengembangan fitur, metode yang digunakan adalah dengan metode Skala Likert untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Hasil akhir dari rancangan pengembangan ini berupa menyediakan fitur keuangan untuk membuat laporan transaksi dan melihat arus kas, menyediakan Database pelanggan untuk menjaga hubungan dan menyederhanakan proses pemesanan dengan pelanggan lama dan menyediakan status transaksi pesanan untuk menjaga kemajuan pengiriman pesanan. Pada hasil akhir pengujian Usability Testing dengan Usability Metrics menggunakan SEQ (Single Ease Question) mendapatkan nilai 6 (dari 7 poin), hal ini diartikan sebagai Lulus untuk setiap kriteria pengujian yang dilakukan oleh pengguna.

References

Adiwijaya, F. F. (2021). Penerapan Desain Sistem Menggunakan Metode Atomic Design Di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 10(1), 19-27.

Afwan, M., Sumardi, S., & Septiana, R. (2022). Perancangan Aplikasi Pemantauan Rumah Kaca Pintar Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer, 1(1), 7-15.

Amalina, S., Wahid, F., Satriadi, V., Farhani, F. S., & Setiani, N. (2017, August). Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).

Ambarwati, E. (2017). Evaluasi Aplikasi Nanda (New Application Of One Day Assissment) App Malang Menggunakan Metode Heuristic Evaluation (Studi Kasus: Pt. Pln (Persero) Tjbtb App Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Anggitama, D. R. (2018). Evaluasi dan perancangan user interface untuk meningkatkan user experience menggunakan metode human centered design dan heuristic evaluation pada aplikasi ezypay (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Chemuturi, M. (2011). Mastering Software Quality Assurance. Florida : J.Ross Publishing.

Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 52-60.

Hamdi, Asep Saepul. Bahruddin, E. (2014). “Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan”. Yogyakarta: Deepublish.

Kelley, D., & Brown, T. (2018). An introduction to Design Thinking. Institute of Design at Stanford. doi: https://doi.org/10.1027/2151-2604/a000142

Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1-11.

Prasetyaningtias, T., Az-Zahra, H. M., & Brata, A. H. (2018). Analisis usability pada aplikasi mobile e-government layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (LAPOR!) dengan heuristic evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, e-ISSN, 4647-4653.

Saputri, I. S. Y., Fadhli, M., & Surya, I. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 269-278.

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiwesa, N. R. (2021). User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 2.

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Yuda Samudra, & Nanang. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan Sistem CRM, Cash Flow, dan Management Stock Inventory Pada Aplikasi Krealogi. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(5), 1283–1296. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/3464