Aplikasi Pengetahuan Buah-buahan Berbasis Android Dengan Metode Prototype

Authors

  • Muhamad Aldiansyah Universitas Pamulang
  • Irpan Kusyadi Universitas Pamulang

Keywords:

Buah-buahan, Android, Java, Firebase, UML

Abstract

Pengetahuan buah-buahan merupakan hal yang penting diketahui oleh masyarakat, masih banyak informasi buah-buahan yang belum diketahui secara umum yang mengakibatkan minimnya minat pada buah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi berbasis android untuk mempermudah mencari informasi buah-buahan. Dalam merancang aplikasi ini dimodelkan dengan Unified Modelling Languange (UML) meliputi Use Case Diagram, Class Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Dibangun menggunakan Bahasa pemrograman Kotlin dengan firebase sebagai databasenya.

References

Siswidiyanto, Ahmad Munif, Diah Wijayanti, and Eko Haryadi. 2020. “Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype.” Jurnal Interkom 15(1): 18–25.

Amanah, Nur, and Fendi Hidayat. 2020. “Sistem Informasi Kepangkatan Dosen Di Universitas Batam Berbasis Android Studio.” Zona Komputer 10(3): 63–74.

Anshor Taufikurrahman, Muhammad, Hani Zulfia Zahro’, and Suryo Adi Wibowo. 2020. “Aplikasi Pengenalan Buah-Buahan Untuk Anak Usia Dini Dalam 3 Bahasa Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 4(1): 184–91.

Attohiroh, Azqia Zahra, Akhmad Aris Tantowi, and Agus Wilson. 2022. “Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Vitamin Pada Buah Dan Sayur Berbasis Android.” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) 3(01): 63–70.

Haruna, Riska, Nisa Rizqiya Fadhliana, and Wahyuni Eka Sari. 2019. “Game Edukasi Pengenalan Jenis Buah Buahan Menggunakan Adobe Flash.” Buletin Poltanesa 20(2): 45–50.

Hermawan, Nur Sefa Arief et al. 2019. “Edukasi Anak-Anak Dan Pengelola Panti Tentang Pentingnya Makan Buah Dan Sayur Di Panti Asuhan Kemala Puji Bandar Lampung Tahun 2019.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu 2(1): 6–11.

Kurniawan, Hamid et al. 2020. “PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PADA SMK BINA KARYA KARAWANG.” 14: 159–69.

Kuswanto, Joko, and Ferri Radiansah. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.” Jurnal Media Infotama 14(1).

Makhmudah, Siti. 2017. “Hakikat Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Modern Dan Islam.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 4(2): 202–17.

Muntahanah, Muntahanah, Muhammad Imanullah, and Irvan Dwi Pangestu. 2021. “Aplikasi Pengenalan Huruf Dan Angka, Warna, Sayuran Dan Buah-Buahan Untuk Anak Paud Berbasis Smartphone Menggunakan Metode Linear Congruent (Lcm).” Jurnal Media Infotama 17(1): 23–29.

Pratala, Citra Teguh, Ebenhaezer Mahardhika Asyer, Ima Prayudi, and Aries Saifudin. 2020. “Pengujian White Box Pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path.” Jurnal Informatika Universitas Pamulang 5(2): 111.

Rezi, Fachrul, and Rully Pramudita. 2020. “Game Edukasi Interaktif Pengenalan Jenis Buah Berbasis Adobe Flash Di Tk As - Syifa Bekasi.” Jurnal Mahasiswa Bina Insani 4(2): 175–84.

Sobry, M. Gustian. 2017. “Peran Smartphone Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak.” M.gustian sobry 2(2): 24–29. http://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/222.

Studi, Program et al. 2021. “BAHASA INGGRIS MELALUI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID BAHASA INGGRIS MELALUI AUGMENTED.”

Tabrani, Muhamad, and Insan Rezqy Aghniya. 2020. “Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang.” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi 14(1): 44–53.

Yanuarti, Elly. 2017. “Prototipe Sistem Seleksi Penerimaan Pegawai Tugas Belajar.” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) 3(2): 111.

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Muhamad Aldiansyah, & Irpan Kusyadi. (2023). Aplikasi Pengetahuan Buah-buahan Berbasis Android Dengan Metode Prototype. LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(5), 1232–1239. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2634