IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AI BERBASIS GOOGLE GEMINI DAN VIDEOGEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DIGITAL GURU DI SMA ALIA ISLAMIC SCHOOL
Keywords:
Artificial Intelligence, Google Gemini, Videogen, Teacher Digital SkillsAbstract
Kecerdasan buatan telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Kecerdasan Buatan (AI) merupakan salah satu cabang ilmu komputer yang mengutamakan pengembangan kecerdasan mesin, cara berpikir dan cara bekerja layaknya manusia. Penerapan AI dalam bidang pendidikan menawarkan potensi yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pembelajaran. Selain itu, AI juga dapat membantu guru dalam mengembangkan kurikulum yang lebih adaptif. Dengan analisis data yang canggih, sistem AI dapat mengidentifikasi tren pembelajaran dan memberikan wawasan yang berharga kepada para pendidik untuk memperbaiki metode pengajaran yang selama ini telah dilakukan. Penting bagi lembaga pendidikan untuk lebih mengintegrasikan AI dalam proses pembelajaran dan memberikan pelatihan kepada para guru untuk mengoptimalkan sistem pendidikan di masa mendatang sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMA Alia Islamic School. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran digital dengan implementasi teknologi kecerdasan buatan menggunakan tools/aplikasi Google Gemini dan Videogen kepada para guru sehingga diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru dalam hal keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran digital dengan memanfaatkan teknologi AI serta dapat menjadi salah satu solusi bagi para guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi kecerdasan buatan di bidang pendidikan.
Kata Kunci : Kecerdasan Buatan, Kecerdasan Buatan, Google Gemini, Videogen, Keterampilan Digital Guru.
References
Abidin, M. A. (2023). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN KREMBUNG SIDOARJO. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI), 2(1).
Eguchi, A., Okada, H., & Muto, Y. (2021). Contextualizing AI Education for K-12 Students to Enhance Their Learning of AI Literacy Through Culturally Responsive Approaches. KI - Künstliche Intelligenz, 35(2), 153–161. https://doi.org/10.1007/s13218-021-00737-3
Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698.
Maulid, T. A. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. 13(1).
Muttaqin, Arafah, M., Jaya, A. K., Suryawan, M. A., & Gustiana, Z. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan. Yayasan Kita Menulis.